Header Ads

Ngechat tanpa ngetik di Android, pakai Google Voice



Kayaknya sebagian besar pengguna Android atau smartphone doyan untuk bertukar pesan pakai berbagai aplikasi messenger. Mulai dari BBM, Whatsapp, Line, Wechat, dll. Tetapi salah satu yang bikin males ngechat di smartphone adalah ketiadaan papan keyboard fisik, jadinya mengandalkan layar sentuh untuk ngetik. Malah jadi sering salah pencet tombol, apalagi kalo punya jari tangan ama kaki berukurannya mirip-mirip..alias gede-gede, hehe

Nah, ternyata kita bisa ngechat tanpa harus mengetik di layar sentuh yang merepotkan itu.

Ya, salah satu fitur di android (mungkin baru di lollypop) adalah adanya Google Voice. Dengan Google Voice, kita bisa mengganti papan keyboard dengan voice note. Kita cuman perlu ngomong, maka semua omongan kita bakal diterjemahkan jadi text yang siap dikirimkan. Dan serunya Google Voice sudah support bahasa indonesia, jadi kemungkinan salah terjemahan lebih rendah.

Lumayan, daripada harus ngetik panjang-panjang.
Cara chat menggunakan Google Voice cukup mudah kok:
1. Sentuh di kolom kirim pesan seperti kita mau ngetik sehingga muncul keyboard
klik ketik pesan hingga muncul papan keyboard
2. Seret menu android dari atas ke bawah hingga muncul menu seperti gambar berikut:

klik bagian "Pilih Keyboard"
3. Pilih keyboard atau change keyboard, terus ganti dengan Google Voice. Jika tidak tersedia pilihan Google Voice, pilih tambah keyboard sehingga muncul pilihan Google Voice lalu aktifkan.

Ganti keyboard bawaan dengan Google Voice

4. Hasilnya akan muncul seperti gambar dibawah ini, papan keyboard sudah diganti dengan gambar microphone yang siap mendengarkan omongan kita dan menggantinya menjadi teks.
Silahkan ucapkan apa yang mau diketik

Nah, sekarang kita bisa ngirim pesan yang panjang dengan cepat.
Cara ini dicoba di Android versi Lollypop. Tidak hanya terbatas pada aplikasi messenger saja, tapi bisa menggantikan keyboard pada semua aplikasi.

UPDATE di Lollypop 5.1.1
sudah tersedia tombol cepat untuk mengganti papan keyboard dengan papan voice. Tinggal sentuh icon berbentuk microphone itu, maka papan keyboard kita akan berganti menjadi papan voice. Berlaku untuk semua aplikasi, jadi kalau mau ngetik apapun tinggal ngomong aja.
Jika mau berganti dengan papan keyboard lagi, tutup papan voice dengan menekan tanda silang (x).

Sudah tersedia tombol cepat di papan keyboard





Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.