Header Ads

KAMPUNG GAJAH, Bandung ! Adventure Land

Selain destinasi wisata ecotourism di kawasan Bandung Selatan (Baca: Wisata Bandung Selatan CiwaliniWisata Bandung Selatan: Cimanggu dan Wisata Bandung Selatan: Rancaupas, serta perbandingan cottage di post saya yang berjudul Resort Ciwalini Vs Cimangu Ciwidey),
Kawasan Bandung Barat sudah lama terkenal sebagai destinasi resort pilihan. Salah satunya adalah Kampung Gajah!
Pertama dengar nama Kampung Gajah mungkin yang terbayang adalah perkampungan tempat gajah ngumpul. Tentu saja hal yang agak aneh, karena habitat Gajah tidak ada di kawasan dataran tinggi lembang. Tapi Kampung Gajah merupakan sarana bermain anak-anak dengan konsep yang beda dengan yang sudah ada khususnya di Bandung.

Kawasan taman bermain yang terletak di kawasan Bandung Utara ini memang agak unik, permainan yang ditampilkan agak berbeda dengan dunia fantasi atau mungkin trans studio. Lebih mirip ke permainan Outbond.

Harga tiket masuknya cukup murah
Weekday : 10.000
Weekend & Hari Libur : 20.000
Belum termasuk biaya parkir mobil 10.000 / mobil

Untuk menikmati menikmati wahana permainan yang ada, kami harus mengeluarkan biaya tiket terusan per orang (termasuk anak-anak diatas 2 tahun) Rp. 200.000 (weekend) atau Rp. 150.000 (weekday).
Tiket terusan ini bisa dipakai ke hampir sarana permainan yang ada kecuali beberapa permainan tertentu seperti : Sky View (balon udara), Seg Way, dan 4D Rider.

Sebagai tanda memiliki tiket terusan, masing-masing akan diberi gelang yang ditempeli hologram. Sempat ragu dengan gelangnya karena bahannya dari kertas dan ditempel begitu saja, persis seperti gelang yang dipakai anak-anak untuk menikmati arena permainan yg biasa tersedia di mall-mall.

Tetapi petugasnya meyakinkan kami, bahwa gelangnya waterproof dan cukup tahan bahkan jika dipakai untuk menikmati wahana air (waterboom). Walaupun agak ragu kami pun mencobanya.

Permainan pertama yang kami nikmati adalah wahana air, water boom. Lokasi water boom terpisah dari permainan lain, beruntung pengelola menyediakan sarana transportasi khusus untuk mencapai kesana.

Di water boom kampung gajah terdapat beberapa sarana permainan seperti:

  1. Kiddy PoolTaman bermain air, disini tersedia berbagai prosotan dan pancuran untuk bermain anak balita
  2. Wave Pool, Kolam Ombak Buatan, ombaknya cukup besar juga, bagi anak-anak mesti waspada jangan sampai anaknya terjatuh dan tenggelam.
  3. Octopus RacerYang ini mungkin menarik, permainan prosotan/seluncur untuk dewasa. Setiap orang dibekali dengan papan seluncur yang digunakan untuk seluncur dari ketinggian hingga 15 meter. Cukup mengasikan.

Octopus Racer, tampak dari bawah Tornado. .



Suasana Kiddy Pool, baru buka jadi masih sepi


Pancurannya belum dinyalakan, Di belakang tampak gedung yang belum jadi, disana tempat ganti pakaian.

Setelah puas bermain air, kami melanjutkan ke permainan yang lain. Berikut beberapa pengalaman kami mencoba berbagai permainan yang ada di Kampung Gajah

1. Aquaboat, Permainan perahu, cocok untuk anak hingga kelas 4 SD, mengingat ada batasan berat badan maksimal dan usia minimal yang boleh menaiki perahu ini.



Aqua Boat, terbatas untuk anak dengan berat badan maksimal 40 kg.
2. Bumperboat, permainan mirip dengan bombomkar, bedanya bumper boat berada di atas air !, bisa dinikmati oleh seluruh keluarga. 1 perahu bisa dinaiki oleh 2 orang dewasa.

Bumper Boat, mirip permainan bom bom kart tapi bedanya disini di air. Permainan terbatas 5 menit


3. Trampoline, bagi anak-anak yang punya nyali cukup besar, bisa menaiki permainan ini.




4. Playground, sarana bermain yang mirip dengan taman-taman bermain anak-anak biasa, seperti ada jungkat jungkit, prosotan, dll. Bedanya disini tersedia sepeda kecil untuk digunakan oleh anak balita hingga anak SD. Jika anda punya stamina berlebih, bisa mencoba untuk menggunakan Becak Mini untuk mengangkut anak anda berkeliling. Children Playground dapat dinikmati tanpa harus membeli tiket terusan, cukup membayar tiket sebesar Rp. 20.000,- anak sudah bisa menikmati sarana permainan yang ada.





5. Buggy Offroad, trek yang dilalui oleh Buggy ini cukup menantang nyali karena beberapa diantaranya harus melalui jalanan yang sangat terjal.





6. Mini ATV, kendaraan ATV ini cocok untuk digunakan oleh anak-anak anda, mulai dari kelas 1 SD hingga remaja.


7. Mini Buggy


Miny Buggy, versi mobil lengkap, per anak dibatasi 5 menit dan hanya 1x tiap anak.
Tapi jika kondisi sedang sepi petugas memperbolehkan anak-anak untuk naik lebih dari dua kali.


Mini Buggy model adventure

8. ATV Adventure
    Kendaraan ATV ini melalui trek yang sama dengan Buggy, tetapi tingkat kesulitannya cukup tinggi bagi orang yang belum terbiasa. Pastikan untuk mendengar petunjuk dari petugas sebelum nekad memacu kendaraan ini dengan kecepatan tinggi.


9. Delman Royal
Setelah capek ngantri atau mengendarai kendaraan lain, naik delman yang mirip dengan kendaraan kerajaan di eropa ini cukup menyenangkan apalagi ditemani dengan suasana sejuk.

10. Skyrider
Mirip dengan flying Fox, bedanya disini kita akan merasakan sensasi seperti sedang terbang. Sayang ada aturan batas berat badan minimal 20 kg, dan maksimal 60 kg. Tapi tidak apa-apa, safety first.




11. FuturistiTrain
Permainan yang paling santai di semua permainan yang ada, dengan kecepatan mungkin sekitar 200 m/5 menit, menaiki kendaraan Futuristic Train ditemani angin sepoi-sepoi pegunungan bisa jadi sarana ideal untuk mengundang kantuk. Hal ini terbukti dari beberapa anak balita yang menaiki permainan ini, tertidur dengan pulasnya. 





12. Tubby
Permainan ini mungkin paling unik diantara permainan yang lain, jika kita pernah melihat film Upin-Ipin yang meluncur menggunakan pelepah daun/pohon dan meluncur di lereng bukit, nah seperti itulah konsep permainan ini. 

Berseluncur bisa berdua bahkan bertiga

Berani seluncur??
Di dalam Kampung Gajah tersedia berbagai fasilitas mulai dari ATM center, restoran yang asri, toilet, mushola serta beberapa kendaraan operasional untuk kebutuhan permainan seperti permainan sky rider dan water boom.

TIPS MENGUNJUNGI KAMPUNG GAJAH
  1. Jangan ragu untuk mencoba Water Boom terlebih dahulu, karena gelang tidak akan rusak terkena air. Walaupun demikian, biar lebih bebas mungkin water boom bisa dinikmati sore hari setelah semua permainan dicoba. Mudah-mudahan saja tidak terlalu lelah untuk berenang. :D
  2. Bagi para orang tua atau anak-anak yang tidak berminat untuk mencoba seluruh permainan, tidak usah membeli tiket terusan. Cukup membeli tiket masuk biasa saja. Untuk sekedar melihat-lihat saja tidak perlu bayar kok. Gelang hanya ditunjukan ketika akan menggunakan sarana permainan, lumayan bisa menghemat biaya. Tapi jika ingin berenang di fasilitas waterboom maka tetap harus membeli tiket terusan.
  3. Bagi anak-anak kecil (balita), tidak perlu membeli tiket terusan, bisa membeli tiket di sarana Children Playground saja, dengan harga Rp. 20.000. 
  4. Gunakan krim UV protection, karena lokasi permainan outdoor, sinar matahari bisa cukup menyengat, walaupun demikian udara relatif sejuk tidak sepanas di Dufan, Ancol.
KESIMPULAN : Bermain di Kampung Gajah cukup menyenangkan, khususnya bagi orang tua yang memiliki anak usia diatas 5 tahun dan dewasa.

Follow my twitter @rudhialfian

8 komentar:

  1. Kampung gajah mahal uyy setiap kita naek fasilitas wahana kta harus bayar enak kalo murah, tapi banyak juga sih fasilitas2 rekreasi yang mereka tawarin btw bloggernya dah sepuh

    BalasHapus
  2. ya.. relatif mahal, tapi dengan harga yg mirip dengan Trans Studio, saya rasa harganya wajar..
    Mudah-mudahan saja banyak program promo/diskon untuk tiket terusan seperti di Ancol/Dufan.

    BalasHapus
  3. harga nya edun..mnding ke DUFAN

    BalasHapus
  4. harga nya edun..mnding ke DUFAN

    BalasHapus
  5. cuman bayar tiket terusan kan murah dong bisa sepuasnya main

    BalasHapus
  6. mending ke trans, harga ga jauh beda, indoor, sejuk

    BalasHapus
  7. mending ke trans, harga ga jauh beda, indoor, sejuk

    BalasHapus
  8. trima kasih gan sangat bagus dan menarik bgt :D

    sekedar informasi ya kawan bagi anda yang kesulitan ngurus" surat" penting ,sim.stnk,dll bisa gunakan jasa" dibawah ini trimakasih
    biro jasa stnk
    biro jasa sim
    biro jasa bpkb
    biro jasa perizinan

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.