Header Ads

Cara menuju tebing keraton, Bandung

Cara Menuju Tebing Keraton

Tebing Keraton (c) wikipedia
Bandung yang memiliki dataran tinggi, memang banyak menawarkan tempat-tempat dengan view landscape pemandangan alam yang indah. Salah satunya adalah Tebing Keraton. Pemandangan dari Tebing Keraton bukan pemandangan gemerlap lampu kota yang biasa kita temukan di hotel dan resto kawasan Bandung Utara, tetapi pemandangan Hutan Bandung. Bagi anda yang sengaja  nyari spot foto di Bandung, Tebing Keraton bisa dimasukan ke list wajib kunjung.

Tebing Keraton berada di kawasan Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda, di kampung Ciharageum, Kampung Ciharegem Puncak, Desa Ciburial, Bandung, Jawa Barat, Indonesia.

Untuk mencapai tebing keraton tidak terlalu sulit, patokan arahnya adalah kita menuju Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda di kawasan Dago Pakar. Bila bingung, bisa mengikuti cara berikut:

1. Dari jalan Dago atau jl. Ir. H. Djuanda, naek ke arah atas melewati Simpang Dago, Dago Tea House, hingga menuju terminal Dago.
  2. Dari terminal Dago terdapat pertigaan pertama, belok kiri ke bawah dan lurus. Ambil arah lurus.
  3. Kemudian akan menemui percabangan, ke kiri (bawah) ke arah Dago Giri dan ke kanan ke arah Dago Pakar. Ambil ke arah kanan.
  4. Beberapa ratus meter dari sana, ada belokan ke kiri ke arah Dago Pakar atau Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda, nah kita belok ke kiri. Jika belok kanan kita akan menemui komplek perumahan resor dago pakar, restoran Sierra, dll.. jadi jika anda melewati perumahan dan restoran tersebut berarti sudah kelewat.
  5. Setelah belok kiri, akan menemui jalan bercabang, ada plang nama tulisan Bukit Pakar Utara untuk jalan ke kanan. Belok ke kanan.
  6. Terus ikuti jalan tersebut hingga ada cabang, Ambil kekiri. Akan ada papan sederhana dengan tulisan "Tebing Keraton" serta anak panah ke kiri.Daerah ini sering dikenal sebagai Warung Bandrek
  7. Dari Warung Bandrek jalan terus, ikuti petunjuk jalan sementara, hingga menemui warung dengan banyak deretan motor yang parkir.
  8. Kendaraan diparkir ditempat tersebut, kemudian dari situ jalan kaki ke arah bukit sekitar 5 menitan.