Header Ads

Family Trip ke Lombok (6D5N) Bagian 3: Pantai Pink Lombok Timur

Sambungan dari Family Trip ke Lombok (6D5N) Bagian 2

Hari kelima merupakan hari terakhir untuk jalan-jalan, karena besok subuh sudah harus berangkat kembali ke Bandung. Berhubung kemarin-kemarin sudah muter-muter mulu, hari ini kami agak santai di rumah mengumpulkan tenaga untuk tujuan selanjutnya yaitu Pantai Pink.

Sebelum ke pantai Pink, kami mampir dulu di proyek bendungan yang baru diresmikan yaitu Bendungan Pandan Duri. Sayang karena musim kemarau, tampaknya airnya sudah agak surut, hal ini dimanfaatkan oleh penduduk setempat untuk menanam berbagai jenis tanaman palawija. Proyek bendungan ini diharapkan dapat dijadikan sumber pengairan bagi lahan penduduk Lombok Timur yang relatif lebih kering dibandingkan Lombok Tengah. Pemandangan di pagi hari di Bendungan Pandan Duri sungguh cantik, walaupun demikian proyeknya masih belum selesai karena fasilitas di sekitar danau masih terlihat berantakan.

Bendungan Pandan Duri Lombok Timur di saat pagi

Pantai Pink belum banyak dikenal sebagai tujuan wisata, sehingga aksesnya masih belum baik. Boro-boro pantai Pink yang baru dikenal, pantai Kuta dan Tanjung Aan yang relatif lebih dekat dengan Bandara saja, akses jalannya masih kecil dengan fasilitas pendukung yang kurang memadai.

Sekitar 6 km sebelum pantai pink, jalanan yang kita lewati adalah jalanan berbatu yang belum diaspal, sehingga sangat berdebu jika kita lewati. Waktu tempuh dari pandan duri hingga sampai ke pantai pink kira-kira 1 jam, karena mobil tidak bisa dipacu lebih cepat akibat jalanan yang belum selesai. Padahal suasana pepohonan di jalan menuju pantai pink sangat indah, dengan pemandangan laut di kiri dan kanan kita.

Jalanan yang harus ditempuh menuju Pantai Pink, sekitar 6 km belum diaspal.
 Tiba di pantai Pink, kita harus menemui jalanan dan pelataran parkir yang berdebu, dengan fasilitas yang alakadarnya. Mirip dengan Benang Kelambu, sepertinya objek wisata pink belum dikelola secara profesional tapi dikelola oleh warga sekitar. Memasuki area Pantai Pink, kami hanya ditarik bayaran 10 ribu rupiah per mobil untuk parkir. Untung saja pemandangan yang ditawarkan pantai Pink bisa mengobati kelelahan kita akibat jalanan yang buruk.

"Infrastruktur" pendukung di pantai Pink, belum digarap dengan serius

Sudah tersedia gazebo yang bisa disewa 15 ribu rupiah per rombongan

Pasir pantainya memang tidak benar-benar berwarna pink, tetapi pasir putih yang bercampur dengan butiran karang berwarna merah jambu. Sehingga jika tersentuh dengan sinar matahari yang pas, warna pasir akan terlihat pink. Selain pasir yang berwarna pink, air yang jernih cukup menggoda untuk kita nikmati. Anak-anak tentu saja sudah langsung berhamburan bermain air di pantai. Pantai yang landai dan tanpa ombak.
Airnya sangat jernih dan segar

Mungkin airnya bercampur dengan air tanah, karena berbeda dengan air laut biasanya, airnya terasa dingin dan segar
Saat hari menjelang sore, kami harus segera bersiap-siap untuk pulang. Karena jalan yang akan kita tempuh saat kembali nanti tentu sama dengan saat berangkat tadi. Sehingga kami ga berani untuk menempuh jalan itu dalam suasana malam yang gelap tanpa lampu penerangan jalan. Sayang banget memang, karena sudah pasti suasana sunset di pantai Pink akan sangat indah.

Pepohonan di pinggir jalan yang terkena cahaya matahari terbenam.

Akhirnya perjalanan Family Trip kami pun selesai sudah, ditutup dengan kunjungan terakhir ke pantai Pink. Menurut saudara saya, disekitar pantai Pink juga banyak pantai-pantai indah yang layak dikunjungi. Tetapi berhubung waktu sudah malam, kami langsung pulang,

Esok subuhnya kami berangkat ke Bandara Internasional Lombok untuk kembali menuju Bandung. Semoga ada rejeki, umur dan kesehatan supaya kami bisa kembali lagi berpetualang di Lombok bersama saudara-saudara kami disana.

Itenary lengkap perjalanan kami di Lombok:

Hari Pertama:
- Sore: Tiba di BIL, acara bebas, istirahat dan silaturahim dengan keluarga

Hari Kedua (Lombok Tengah)
- Pagi: Air Terjun Benang Stokel dan Benang Kelambu
- Sore: Pantai Tanjung Aan, dan Pantai Kuta

Hari Ketiga (Lombok Barat
- Siang: Mataram, Pusuk
- Sore: Gili Trawangan

Hari Keempat (Lombok Barat)
- Pagi : Gili Trawangan
- Siang: Pantai Bangsal, Pantai Nipah, Pantai Senggigi
- Sore: Pantai Ampenan

Hari Kelima (Lombok Timur)
- Pagi: Bendungan Pandan Duri
- Sore: Pantai Pink

Hari Keenam
- Pagi : Cek Out kembali ke Bandung

Santai di Bandara menunggu jadwal boarding pesawat