Header Ads

10 Pulau Tujuan Wisata Terfavorit Di Asia



Santai dipinggir pantai sambil menikmati angin sepoi-sepoi, sudah jadi impian banyak orang. Termasuk saya, tentunya. Pengalaman sebelumnya jalan-jalan di beberapa destinasi wisata pulau di Indonesia, jadi bikin percaya diri kalau tempat wisata di Indonesia tidak kalah dengan negara tetangga. Tetapi benarkah demikian menurut orang luar negri (bahkan mungkin menurut orang Indonesia sendiri).
Ternyata berdasarkan pengunjung situs wisata Tripadvisor, hanya ada dua pulau di Indonesia yang termasuk kedalam daftar 10 pulau tujuan wisata terpopuler pada tahun 2015. Berikut listnya:

1. Ko Tao, Surat Thani Province, Thailand


Pulau Ko Tao yang terletak di Provinsi Surat Thani, di Thailand ini ternyata menduduki peringkat nomor satu sebagai pulau pilihan wisata terpopuler di kawasan Asiam dan peringkat ke-5 dunia. Apa saja yang dimiliki pulau ini?
- Diving Spot!, terumbu karang yang indah serta keanekaragaman fauna yang ada, bikin aktivitas Diving menjadi pilihan pertama atraksi yang dilakukan di Koh Tau.
- Rock Climbing, Koh Tao dikelilingi oleh bukit-bukit berdinding batu. Hal ini dimanfaatkan oleh pengelola wisata disana untuk menyediakan aktivitas panjat tebing dengan pemandangan laut yang indah.

How to get there: Untuk berkunjung ke Koh Tao, bisa menggunakan pesawat ke Surat Thani, Chumpon atau Bangkok, kemudian dilanjutkan dengan perahu menuju Koh Tao.


Sumber: www.kohtaoonline.com

2. Bali, Indonesia

Bali, masih jadi magnet wisata utama di Indonesia dan dunia, ga aneh kalau Bali jadi peringkat ke-2 pulau terfavorit di Asia dan peringkat ke-7 Dunia. Dengan atraksi wisata yang sangat lengkap, mulai dari diving, wisata pemandangan alam yang indah, serta tradisi yang khas, bikin banyak wisatawan yang ketagihan untuk bolak balik ke Bali.

Tanah Lot, Bali

3. Phuket, Thailand


Pulau terbesar di Thailand ini sudah lama dikenal sebagai pulau yang eksotis dengan pemandangan pantai yang indah, spot diving yang cantik serta kuil-kuil Budha yang menjadi ciri khas Thailand. Pulau Phuket, Thailand menduduki peringkat ke-3 dikawasan Asia.

How to get there: Phuket bisa ditempuh menggunakan pesawat dari berbagai kota besar di Asia tenggara seperti Bangkok, Singapore atau bahkan Jakarta.

Phuket, Thailand

4. Koh Samui, Surat Thani Province, Thailand


Setelah Ko Tau dan Phuket, pulau lain yang masih ada di negara Thailand masuk ke dalam daftar pulau tujuan wisata favorit di Asia, yaitu Ko Samui. Pulau terbesar ketiga di Thailand ini memiliki berbagai atraksi yang menarik wisatawan, seperti bangunan kuil Budha khas Thailand, pemandangan pantai, taman nasional maritim serta makanan khas Thailand yang banyak disukai para wisatawan.

How to get there: Ko Samui bisa ditempuh dengan menggunakan pesawat dari Bangkok, Pattaya, Phuket atau langsung dari Singapura.

Resort hotel di Ko Samui, sumber www.kiwicollection.com

5. Lombok, Nusa Tenggara Barat, Indonesia

Pulau yang bersebelahan dengan pulau Bali ini mulai semakin dilirik oleh wisatawan sebagai tujuan wisata pilihan. Berbeda dengan Bali yang sudah rame dengan kawasan wisata yang sudah tertata dengan baik, pulau Lombok masih terlihat orisinil dengan banyak pantai-pantai baru yang belum terekspose sebelumnya, seperti pantai pink, tanjung Aan, dll.

How to get there: Lombok bisa ditempuh dengan penerbangan langsung dari berbagai kota besar di Indonesia, seperti Bali, Surabaya, Bandung, Jakarta, dll. Atau bisa ditempuh menggunakan kapal ferry dari Bali.

sudut pantai Pink (pantai Tangsi) Lombok Timur

6. Ko Lanta, provinsi Krabi, Thailand


Ko Lanta, pulau yang termasuk ke provinsi Krabi dikelilingi oleh spot diving Thailand yang terbaik. Dengan adanya gua di dalam dasar laut, masakan sea food yang memanjakan lidah, merupakan salah satu alasan kenapa para wisatawan menyukai Ko Lanta sebagai tujuan wisatanya.

How to get there: Ko Lanta bisa diakses dari Bangkok atau Phuket. Ko Lanta bisa ditempuh menggunakan kapal ferry dari Krabi, Phi-phi Island atau dari daratan Thailand.

Pantai Ba kan Tieng, salah satu pantai yang ada di Ko Lanta, sumber www.lantaiinfo.com

7. Ko Phangan, Surat Thani Province, Thailand


Seperti halnya pulau lain di provinsi Surat Thani, Ko Pha Ngan disukai dengan pemandangan pantainya yang indah disertai dengan taman laut yang mengundang para penyelam untuk menikmati keindahan alam bawah laut. Salah satu ciri khas yang menjadi tujuan wisatawan datang ke Ko Pha Ngan adalah Full Moon Party yang berlangsung setiap bulan purnama.

How to get there: Ko Pha Ngan berjarak sekitar 3,5 jam dari Surat Thani, dan 30 menit dari pulau Koh Samui dengan menggunakan perahu.

Ko Pha Ngan Full Moon Party, sumber http://www.thegoldenscope.com/

8. Boracay, Aklan Province, Filipina


Pulau yang pernah dianugerahi pantai tropis terbaik pada tahun 1996, menjadi pulau favorit Asia ke-8. Memiliki pasir putih, pemandangan sunset yang indah, pulau dengan ukuran yang kecil ini, disebut sebagai pulau yang cocok untuk dipakai bulan madu.

How to get there: Pulau Boracay bisa ditempuh dengan menggunakan pesawat selama 1 jam dari Cebu atau manila.

9. Palawan, Province Palawan



Selain Boracay, kepulauan Palawan merupakan salah satu destinasi wisata favorit wisatawan dunia, dan menduduki rangking ke-9 pulau favorit di Asia tahun 2015 menurut TripAdvisor. Pulau Palawan memiliki kawasan reservasi (cagar alam) serta masuk ke dalam situs world heritage dari UNESCO, dan tentu saja pantai dengan pasir putih yang indah.

How to get there: Bandara Puerto Princessa Palawan, bisa ditempuh melalui penerbangan dari Manila.

Palawan, sumber gambar: www.dailymail.co.uk

10. Langkawi, Langkawi District, Malaysia

Pulau Langkawi yang terletak di selat Malaka ini memiliki daya tarik wisata yang kuat. Memiliki atraksi hiburan yang lengkap mulai dari resort bintang lima, restoran, serta surga belanja dengan tawaran berbelanja bebas cukai.

How to get there: Langkawi bisa ditempuh dari Indonesia melalui singapore atau kualalumpur.

Icon pulau Langkawi, sumber foto http://asp.unimap.edu.my

Jika kita lihat di list pulau terfavorit di Asia, dari 10 hanya ada 2 pulau yang berasal dari Indonesia, padahal sebagai negara kepulauan, potensi wisata maritim Indonesia sangat banyak. Pulau Belitung Riau, Pulau Sabang Aceh, Kepulauan Seribu, Pulau Derawan, Pulau Wakatobi, Gili Trawangan Lombok, Karimun Jawa, Raja Ampat, dan ratusan pulau lainnya dengan hamparan pasir putih dan terumbu karang yang indah, saya rasa bisa mengalahkan pulau-pulau diatas.

Semoga pemerintah khususnya kementerian pariwisata bisa segera mempromosikan pariwisata Indonesia keluar negri. Tetapi tidak melupakan untuk mengedukasi masyarakat lokal setempat agar bisa lebih siap menjadi tuan rumah dengan mengandalkan kearifan dan tradisi lokal yang mengesankan bagi para wisatawan.


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.