Header Ads

Cara memesan Bus Bandros

Bus Bandros
Jalan-jalan di Bandung kini lebih asik lagi dengan adanya Bus Bandros, bus wisata khusus untuk dalam kota Bandung. Nama Bandros merupakan singkatan Bandung Tour on Bus, yang juga nama jajanan khas jawa barat yang bentuknya seperti kue pancong. Dengan durasi sekitar 60-90 menit (tergantung kepadatan jalan), kita akan dibawa mengelilingi beberapa jalanan bersejarah di Kota Bandung. Saya sendiri baru mencoba rute-1 Bandros dengan menaiki Bandros berwarna Merah.

Rute-1 Bandros Merah, :
- berawal dari Taman Cibeunying (berada diantara jl. ciliwung dan jl. citarum, disebelah Pet Park)
- Jl. Supratman (Gedung RRI, Geologi, Gedung Sate)
- Jl Dago dan Merdeka (Balaikota)
- Jl. Asia Afrika (Hotel Savoy Homan, Gedung KAA, Alun-Alun)
- Jl Banceuy (bekas penjara Bung Karno)
- Jl. Braga
- Jl. Tamblong
- Jl. Sunda
- Jl. Riau
- Kembali ke Taman Cibeunying.
Dengan naik Bus Bandros, kita dapat mengetahui sekelumit sejarah berbagai tempat dan gedung di Kota Bandung, khususnya tempat-tempat yang dilewati.

Untuk bisa naik Bus Bandros, kita harus reservasi dulu ke pengelola Bus Bandros. Untuk reservasi bisa kontak pengelola Bus Bandros, bisa dengan beberapa cara:
  1. Melalui Social Media Twitter: @BusBandros, Facebook : Bus Bandros
  2. Melalui telepon: 022-61591010 (jam kerja) 
  3. Melalui HP (Sms dan Whatsapp: 087736081998 dan 08579355911
Dengan kontak pengelola Bus Bandros kita bisa tahu jadwal Bus Bandros yang bisa kita pesan. Harga tiket Bus Bandros seharga Rp. 25.000/orang. Tetapi jika ingin lebih leluasa, kita bisa pesan 1 bus langsung dengan harga 800.000 per satu putaran. Satu Bus Maksimal terisi 40 orang (28 di atas dan 12 di bawah).

Pengalaman saya naik bus Bandros lumayan seru.. bisa denger sekelumit sejarah jalanan dan gedung kota Bandung. Bisa dadah-dadahan kayak pejabat atau artis, hehe.. untungnya warga Bandung ramah-ramah meresepon kita dengan senyum dan lambaian tangan. Yang unik, pas lewat Braga ada artis yang berkostum Pocong dan Kuntilanak nangkring disana. Wah, padahal harusnya artis berkostum Noni Belanda tuh yang nangkring dan nyapa pengunjung Braga, biar makin terasa suasana Vintage-nya.

Kalau dikelola dengan lebih serius mestinya lebih seru, misalnya digabung dengan paket tour wisata di kota Bandung. Misalnya:
1. Buat paket Full Day Tour dengan Bandros, kemudian mengunjungi beberapa situs bersejarah kota Bandung seperti Gedung Sate, Museum Geologi, Penjara Banceuy, Gedung Merdeka, dll. Jadi ga cuman ngelewatin saja, tapi juga masuk ke dalamnya, Atau
2. Bus Bandros muter terus dan bisa berhenti di shelter khusus di tempat wisata
tertentu di kota Bandung. Nah penumpangnya cukup beli 1 tiket yg berlaku 1 hari, jadi turis yg memang niat wisata kota di Bandung bisa beli tiket Bandros untuk mengunjungi seluruh destinasi wisata di kota Bandung.

Bus Bandros beroperasi mulai jam 08:00 hingga jam 16:00, Tips dari saya, sebaiknya pilih jam keberangkatan pagi-pagi, karena udara masih segar, tidak terlalu panas dan jalanan relatif lenggang.

Selamat ber-Bandros ya..

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.