Header Ads

Camping di Sari Ater Camping Park



Jika anda sudah baca 7 Tempat Camping Keluarga di Bandung dan tertarik untuk camping di Sari Ater Hotel Subang, mungkin bisa simak pengalaman saya ini. Long weekend yang lalu kami manfaatkan untuk berlibur dan mencoba untuk berkemping di Sari Ater. Seperti yang anda baca di 7 Tempat Camping Keluarga di Bandung fasilitas yang ditawarkan cukup menarik walaupun dengan harga yang lumayan tinggi yaitu mulai 825 ribu hingga 2,3 Juta.

Berangkat saat long weekend ke kawasan Ciater sudah ditebak pasti bakal kena macet. Mulanya kami akan berangkat ke ciater melalui jalan dago - dago giri - maribaya-lembang. Tetapi ternyata di kawasan gasibu ada sedikit keramaian karena ada yang demo, akhirnya kami memutuskan untuk pergi dari Gasibu - Pasupati - Pasteur - belok kanan ke arah maranatha - Gerlong - Daarut Tauhid dan keluar dekat kampus UPI. Terkena sedikit macet hingga Lembang, setelah perempatan Lembang dan melewati Panorama jalanan cukup lancar walaupun sempat hujan.

Setibanya di Ciater, kami langsung check in ke resepsionis Hotel Sari Ater Resort Spa.
Type tenda yang disediakan di Sari Ater Family Camping Park terdiri dari:
  • Tenda Type Musang, harga mulai 825 ribu/malam, kapasitas untuk 4 orang. Fasilitas yang diperoleh 4 bed, Evening Break (minuman hangat), Breakfast Box. Toilet umum dan parkir untuk bersama. Serta tiket ke kolam renang dan tempat rekreasi Sari Ater.
  • Tenda Type Landak, harga mulai 1 juta/malam, kapasitas untuk 4 orang, Fasilitas hampir sama dengan type musang, tetapi dengan toilet dan parkir pribadi.
  • Tenda Type Rusa, harga 1,3 juta/malam, kapasitas 4 orang, Fasilitas hampir sama dengan type Landak, tetapi dengan tambahan fasilitas balkon dan pemandangan Sungai.
  • Tenda Type Elang, harga 2,3 juta/malam, kapasitas 8 orang. Fasilitas hampir sama dengan type Rusa, tetapi dengan kapasitas dua kali lipatnya karena tenda yang digunakan terdapat dua tenda yang disatukan berhadapan, dan ditengah-tengahnya tersedia balkon sebagai ruang pertemuan.
Type tenda yang sudah kami booking untuk tenda type Rusa seharga 1,3 juta, dan sudah transfer DP sejumlah 50% sehari sebelumnya. Tetapi ternyata ketika cek in, system mereka masih belum mencatat transferan kita. Proses cek in dilanjutkan, kami memperoleh tiket masuk wisata sebanyak 4 orang, dan tiket breakfast untuk 4 orang. Kami diberi tenda Rusa 6.

Dari resepsionis kami diantar menuju tenda yang dimaksud. Lokasi camping park Sari Ater pasti terletak jauh dari resepsionis. Jarak camping park dari parkir timur sekitar 1 KM, atau mungkin sekitar 2 KM dari lobby hotel. Jalanan di kawasan bungalow hotel berupa jalanan paving block yang sebagian sudah rusak, nah jalanan menuju camping park lebih "menantang" lagi, karena berupa jalanan rumput yang sudah diberi sedikit paving blok. Mirip jalanan di pedesaan, cuman bedanya kalo di pedesaan mungkin pakai batu, bukan paving blok.

Jalan type tersebut ditempuh sepanjang 1 KM, dan lebih parah lagi hanya muat untuk satu mobil. Jadi kalau ada mobil lain, kita harus melipir dulu ditempat-tempat yang agak lebar dan sudah disiapkan oleh pengelola.
Memasuki kawasan camping park, kita cukup sumringah, karena terlihat kawasan tersebut memang cukup terawat. Taman-taman yang asri dilengkapi dengan kolam renang air hangat.

Tenda Tidak Sesuai
Sesampainya di tenda yang dituju, kami kecewa karena tenda yang kami inginkan tidak sesuai yang dijanjikan. Kami sengaja memilih tenda type Rusa yang harganya lebih tinggi dibandingkan type Landak karena mengharapkan pemandangan sungai seperti yang tertera di websitenya. Tetapi pemandangan yang kami dapat hanya selokan kecil saja. Semula kami pikir wajar saja, cuma setelah saya jalan-jalan melihat tenda type Rusa yang lain, ternyata kami tertipu juga. Karena tenda type Rusa yang lain (no 1, 2, 3, dan 4) pemandangan balkonnya beneran sungai dan taman yang asri. Bukan selokan dan semak-semak seperti yang kami dapat.
Kondisi di dalam tenda, cukup luas untuk dipakai lebih dari 4 orang
Kami coba komplain ke bagian pelayanan, mereka berkilah bahwa tenda sudah penuh dibooking. Yang ternyata itu juga bohong lagi, karena keesokan paginya kami lihat, ternyata tenda Rusa yang  diisi hanya no 2, 4 dan 6. Artinya 1 dan 3 kosong.Kecewa banget sih, sengaja bayar lebih mahal 300 ribu dibandingkan type Landak, ternyata fasilitas yang didapat SAMA PERSIS dengan type Landak jadi serasa tertipu.
Pemandangan yang dijanjikan "Riverview" ternyata dikasi pemandangan selokan

Tenda dari luar

Kamar mandi 

Toilet dan kamar mandi terpisah, sayang airnya keruh

Walaupun agak kesel karena merasa dibohongi dengan telak, kami tetap mencoba menikmati fasilitas yang diberikan.

Fasilitas yang ada 
Di Family Camping Park terdapat beberapa aktivitas yang bisa kita lakukan, mulai dari berenang di kolam renang, mini zoo, wisata berkuda, main bola, dll. Di hari pertama sore itu, kami berangkat ke kawasan cottage Sari Ater untuk berenang, karena anak-anak sudah berisik pengen berenang sejak tiba di Sari Ater. Sebenernya di kawasan Camping Park terdapat kolam renang, tetapi kami memilih kolam renang yang jauh dan lebih besar terlebih dulu, sementara yang dekat akan kita coba besok saja.

arena bermain 

River view yang seharusnya

restoran

"air terjun" yang berada disamping restoran


Fasilitas yang tersedia


Tenda type Elang, merupakan 2 tenda type Rusa yang digabungkan menjadi satu.

Kolam renang di kawasan cottage Sari Ater sepertinya cukup banyak, selain dikawasan wisata yang dikomersilkan, terdapat kolam renang yang lain yang berada di tengah-tengah kawasan villa. Salah satu kelebihan kolam renang di sari ater adalah adanya air panas alami dengan kandungan belerang yang tinggi, sehingga terasa asam dan perih jika terkena mata.

Selepas berenang kami kembali ke tenda, setiba di tenda telah tersedia singkong goreng yang renyah lengkap dengan bandrek jahe untuk menghangatkan badan. Menjelang malam, anak-anak lebih memilih untuk diam dan bermain di tenda hingga akhirnya mereka pulas tertidur.

Suasana malam 
Hari Kedua
Subuh dini hari anak-anak sudah ribut bangun, setelah sholat subuh mereka kembali menarik selimut karena udara yang lumayan dingin.
Breakfast mulai jam 7 pagi, hidangannya cukup lumayan standar hotel tersedia makanan prasmanan yang terdiri dari nasi, 2 makanan pokok, sayur, kemudian roti, bubur ayam, omelet, buah-buahan. Rasanya pun tidak terlalu istimewa. Selepas makan pagi, anak-anak kembali berenang di kolam yang berada di kawasan camping park. Menjelang siang, kami sudah harus segera cek out karena ada acara yang harus kami ikuti sore nanti.

Kolam renang air hangat yang tersedia di komplek Family Camping Park
Fasilitas yang dikasi di Tenda Type Rusa 

  • Tenda dengan kapasitas 4 tempat tidur, lengkap dengan bantal dan selimut
  • Handuk, gelas, air mineral botol, shampo, sabun, masing-masing 4 pcs
  • Kursi / bench dan meja untuk nangkring
  • Barbeque Pit, setiap tenda dikasi tempat untuk bakar-bakaran jika berniat untuk ngebakar ikan, jagung, dll. Bahannya bawa sendiri tapi ya.
  • Kamar mandi pribadi (toilet dan shower)
  • Tempat parkir langsung disamping tenda
  • 4 tiket untuk masuk ke tempat rekreasi

Yang disukai di Sari Ater Family Camping Park

  • Seperti tidur di tengah-tengah taman, lengkap dengan sungai dan kolam air panas
  • Disediakan cemilan menjelang sore berupa makanan tradisional bandrek, bajigur dan pisang
  • Bisa menikmati fasilitas yang lain di Hotel dan Resort Sari Ater, mulai dari kolam renangnya hingga masuk ke taman bermainnya
  • Kapasitas tenda cukup luas, bisa muat 4 orang dewasa

Yang tidak disukai di Sari Ater Family Camping Park

  • Tenda dengan nama dan harga type Rusa (Harga 1,3 juta) tapi fasilitas sama dengan type Landak (Harga 1 juta), hati-hati dalam memilih, Pilih  tenda no 1 sampai 4
  • Harus bayar lagi untuk menikmati fasilitas lain (berkuda, naik ATV)
Info lebih lanjut mengenai tarif hotel Sari Ater klik: Sari Ater Hotel Resort, Subang, Indonesia

1 komentar:

  1. Makasi informasiny y mbak.. Jadi lebih baik pilih landak sekalian ya.. Lebih murah..

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.