Header Ads

Water heater yang paling bagus?

Di era modern ini, water heater (pemanas air) menjadi perangkat yang sangat penting dalam kamar mandi di rumah. Dengan water heater, Anda bisa menikmati air hangat atau panas untuk mandi, memberikan kenyamanan dan kepuasan dalam menjalani rutinitas sehari-hari. Namun, dengan berbagai macam water heater yang tersedia, memilih yang tepat untuk kebutuhan Anda bisa menjadi tugas yang menantang. Berdasarkan sumber tenaganya, water heater terdiri dari beberapa jenis:

Water Heater Listrik

Water heater listrik adalah pilihan yang populer dan mudah dipasang di banyak rumah. Bekerja dengan mengubah energi listrik menjadi energi panas untuk memanaskan air. Keuntungan utama water heater listrik adalah kepraktisannya, karena dapat dioperasikan dengan mudah menggunakan listrik rumah tangga biasa. Namun, perlu diperhatikan kapasitas daya listrik yang tersedia di rumah Anda untuk memastikan water heater listrik dapat beroperasi dengan baik. 

Water Heater Listrik terdapat 2 jenis, yaitu:1) Water Heater Instan.

Praktis dan hematan energi, karena air hanya dipanaskan saat diperlukan.Instalasi relatif mudah dibandingkan type lain. Cocok jika kebutuhuan air tidak terlalu besar dan kebutuhan air panas hanya sesekali saja. Kebutuhan daya listrik yang tinggi. Sehingga pastikan daya listrik rumah sudah memenuhi. Tidak berfungsi jika mati listrik. Water heater instan, juga dikenal sebagai water heater tanpa tangki, bekerja dengan memanaskan air secara langsung saat Anda menggunakannya.  

2) Water Heater dengan Tangki Penyimpanan:

Water heater dengan tangki penyimpanan adalah jenis water heater tradisional yang memiliki tangki untuk menyimpan air panas. Mereka memanaskan air dalam tangki dan menjaga suhu air agar tetap konstan. Cara kerjanya mirip dengan dispenser air yang menyediakan air panas dan dingin.  Bagi rumah tangga yang relatif rutin membutuhkan air panas setiap hari, water heater ini lebih direkomendasikan. Dan jika di rumah mati listrik, pasokan air panas masih tersedia selama air panas dalam tangki penyimpanan masih ada. Namun, perlu diperhatikan kapasitas tangki agar sesuai dengan kebutuhan air mandi harian.  Pengalaman saya, tangki ukuran 15 liter bisa cukup untuk mandi satu orang, bisa lebih jika air panas yang ada dicampur dengan air dingin. 

Water Heater Gas

Water heater gas menggunakan gas alam atau LPG (Liquefied Petroleum Gas) sebagai sumber energi untuk memanaskan air. Kelebihan utama water heater gas adalah efisiensi energinya dan kemampuannya untuk memanaskan air dengan cepat. Water heater gas juga cocok untuk daerah di mana pasokan listrik tidak stabil atau ketika Anda ingin menghemat energi listrik. 

Sama dengan water heater bertenaga listrik. Water heater gas, juga terdiri dari water heater instan dan dengan tanki penyimpanan. Namun, instalasi water heater gas membutuhkan perhatian khusus dan pengaturan ventilasi yang memadai. Bagi yang memiliki daya listrik di rumah terbatas, sehingga tidak memungkinkan menggunakan water heater listrik dan tidak berminat untuk menambah daya listrik, bisa memilih water heater type ini. 

Berdasarkan pengalaman saya, penggunaan water heater listrik lebih praktis. Karena tidak direpotkan harus mengganti tabung gas jika gas sudah habis.  

Water Heater Tenaga Surya

Jika tidak mau khawatir dengan tagihan listrik bulanan yang tinggi, atau harus gonta-ganti tabung gas, maka Water heater tenaga surya bisa dipertimbangkan. Water heater tenaga surya memanfaatkan energi matahari untuk memanaskan air. 

Water heater tenaga surya terdiri dari dua jenis, yaitu Direct dan Indirect. 

Sistem kerja pemanasan air pada Direct Heating System yaitu dengan cara memanaskan air baku secara langsung di collector oleh sinar matahari dan disimpan didalam tangki. 

Sistem kerja pemanasan air pada Indirect adalah tidak secara langsung, air yg ada dalam tangki dipanaskan oleh air aquades yg dicampur rust guard, cairan tersebut bersirkulasi (thermosiphon) pada jacket tank (closed Circuit). Pada waktu melalui jacket tank air aquades yg dicampur dgn rust guard memanaskan air yg disimpan dalam tangki sebagai mediator heating. 

Keuntungan utama water heater tenaga surya adalah keberlanjutannya dan efisiensi energinya yang tinggi. Namun, keefektifan water heater tenaga surya dapat dipengaruhi oleh kondisi cuaca dan lokasi geografis, sehingga perlu dipertimbangkan dengan baik sebelum memilihnya. Selain itu, water heater energi surya relatif lebih mahal dibandingkan tenaga listrik atau gas. 

Pada beberapa jenis water heater tenaga surya, ada juga yang menggunakan listrik sebagai backup. Yaitu jika suhu yang diinginkan tidak tercapai karena penggunaan yang tinggi atau panas matahari yang kurang, maka tangki akan dipanaskan menggunakan tenaga listrik. Walaupun demikian, listrik yang digunakan relatif lebih kecil.

Water Heater Heat Pump

Jika kebutuhan air panas cukup banyak, misalnya untuk kolam renang, spa, hotel, dll. Menggunakan tenaga listrik atau gas, menjadi tidak efisien. Karena kebutuhan sumber daya nya yang menjadi besar. Nah, untuk kebutuhan tersebut bisa menggunakan water heater heat pump atau pemanas air pompa panas. 

Water heater pompa panas menggunakan prinsip transfer panas untuk memanaskan air. Bekerja dengan mengekstrak energi panas dari udara atau tanah di sekitarnya dan memindahkan panasnya ke air. Kelebihan water heater pompa panas adalah efisiensinya yang tinggi dan kemampuannya untuk memberikan air hangat atau panas bahkan dalam suhu udara rendah. Sebagai contoh, water heater heat pump WIKA WH, bisa memanaskan setara 7300 watt, dengan daya listrik hanya 1300 watt saja. Namun, water heater pompa panas membutuhkan instalasi khusus dan biaya awal yang lebih tinggi.

Faktor-faktor yang Perlu Dipertimbangkan:

  1. Kapasitas: Pertimbangkan kebutuhan air mandi harian Anda untuk menentukan kapasitas water heater yang tepat. Perhatikan jumlah penghuni rumah dan frekuensi penggunaan air panas. Secara umum penggunaan air rata-rata untuk mandi menggunakan shower adalah sekitar 15-30 liter. Tapi harap diingat, bahwa suhu air yang biasa kita pakai adalahh 27 sd 30 derajat celcius, sedangkan suhu yang dihasilkan water heater ada di kisaran 60 derajat celcius. 
  2. Efisiensi Energi: Periksa label energi atau informasi efisiensi untuk memilih water heater yang hemat energi dan ramah lingkungan. Water heater dengan efisiensi tinggi dapat membantu mengurangi biaya energi.
  3. Keamanan: Pastikan water heater dilengkapi dengan fitur keamanan seperti pengaman kelebihan suhu, pengamanan terhadap kebocoran gas (jika menggunakan water heater gas), dan sistem pengaman lainnya.
  4. Biaya dan Anggaran: Pertimbangkan anggaran yang tersedia dan perbandingan biaya antara berbagai jenis water heater. Perhatikan juga biaya instalasi dan perawatan jangka panjang.
  5.  Ruang dan Lokasi: Periksa ketersediaan ruang di kamar mandi Anda untuk memasang water heater. Beberapa jenis water heater membutuhkan ruang tambahan untuk instalasi.

Nah, sudah cukup paham kan tentang water heater dan apa saja yang harus diperhatikan. Berikut tips dari saya untuk memilih water heater yang tepat.

  1. Water heater listrik Instant. Harga paling murah dibanding jenis lain. Cocok untuk rumah tangga yang jarang menggunakan air panas sesekali saja, tetapi memiliki daya listrik PLN yang tinggi. 
  2. Water heater listrik dengan tangki. Dibandingkan type instan, harga relatif lebih tinggi, tapi kebutuhan daya listrik lebih rendah. Cocok untuk rumah tangga yang lebih rutin membutuhkan air panas untuk mandi. Jadi kalau tiap pagi dan sore, pengen mandi dengan air hangat bisa memilih type ini. Jumlah wattnya biasanya lebih kecil dibanding instan. Pengalaman saya menggunakan type ini dengan kapasitas tangki 15 liter, sudah mencukupi untuk mandi 2 dewasa dan 2 anak-anak. Dengan asumsi mandinya tidak dalam jangka waktu berdekatan, dan air panas yang dihasilkan dicampur dengan air dingin.
  3. Water heater gas. Cocok untuk rumah tangga yang tidak mau menambah daya listrik. Selain itu keuntungannya sama saja dengan type listrik.
  4. Water Heater Tenaga Surya. Harganya relatif lebih mahal dibanding type listrik atau gas. Tetapi akan menghemat biaya bulanan, karena tidak menggunakan listrik atau gas. Cocok untuk daerah tropis seperti negara kita. Tapi jika tinggal di apartemen atau rumah susun, tentu saja tidak bisa menggunakan water heater ini. 
  5. Water heater heat pump. Memiliki efisiensi listrik sangat tinggi dibanding type listrik atau gas. Tetapi hanya cocok jika kebutuhan air panasnya cukup banyak. Misalnya untuk kos-kosan, kolam spa, kolam renang dll. 

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.