Header Ads

Review Situs Online untuk Booking Hotel



Saya mau share pengalaman saya menggunakan situs online untuk booking Hotel dan Tiket Pesawat
Ada beberapa yang pernah ane coba.

1. Agoda.com

Ini website online booking pertama yang pernah saya pake. Pertama ngecek harganya  langsung ngiler liat harga-harganya yang murah banget (saat itu). Sampe akhirnya saya berkali-kali pake agoda.com.

Berikut kelebihan Agoda:
  • Mudah untuk akses harga-harga hotel di seluruh dunia, jaringan hotel yang sudah listing di Agoda sangat banyak.
  • Proses registrasi sangat mudah, kita hanya memasukan alamat email, maka otomatis kita sudah terdaptar sebagai member Agoda.
  • Proses booking realtime, hanya nunggu beberapa menit voucher langsung dikirimkan ke email.
  • Pembayaran menggunakan kartu kredit
  • Setiap transaksi booking hotel dan review hotel yang kita tempatin via agoda.com kita dapat poin reward yang katanya bisa kita pakai sebagai diskon untuk transaksi selanjutnya. Tapi sampai hari ini, saya ga pernah bisa pake poinnya, yang lebih parah cuman dapat informasi kalau poinnya hangus. Ada minimum jumlah poin yang harus dicapai kalo mau dipake
  • Cukup tanggap menghadapi keluhan, rekan saya pernah komplain karena foto kamar hotel yang tertera di agoda.com berbeda dengan aslinya yang sangat buruk. Setelah melampirkan buktinya berupa foto-foto kamar hotel aslinya, agoda memberikan cashback ke rekan saya tersebut.
  • Buat karyawan kantoran yang kudu ngeklaim ke kantor kwitansinya, jangan khawatir dengan Agoda karena setiap kwitansi transaksi bisa dikirim ke email dan sudah ada cap Agoda.
Yang perlu diperhatikan
  • Harga terkadang tidak berbeda dengan harga published rate, untuk itu pastikan anda menggunakan www.hotelscombined.com untuk memastikan kita sudah mendapatkan rate harga terbaik
  • Harga yang tertera belum termasuk biaya administrasi agoda.com, jadi misalnya kalo tertera harganya 360 ribu, kemungkinan ditambah dengan biaya administrasi kisaran 75-120 ribu tergantung hotel
 Cara pembayaran: Kartu kredit Visa, Mastercard, American Express



2.   Rajakamar.com

Terus terang saya belum pernah beneran transaksi di Rajakamar.com. Situs online booking buatan lokal ini berbeda dengan agoda.com. Pemesanan di Rajakamar tidak realtime, jadi walaupun diwebsitenya nama hotelnya terrta, belum tentu kamarnya bener-bener available.
Jadi pas kita klik booking, kita ga langsung disuruh bayar, tapi menunggu proses konfirmasi apakah room kita ada atau tidak, jika kamar dipastikan ada, maka akan ada email konfirmasi dari rajakamar.com untuk melunasi pembayaran hingga periode tertentu. Jika tidak maka pemesanan kamar dicancel.
Tidak praktis, dan merepotkan.


Cara pembayaran: Transfer ke rekening Rajakamar sesuai tagihan.


3. Booking.com
Ane cuman pernah sekali pakai fasilitas booking.com, ga beda jauh dengan agoda.com. Proses pemesanan dan pembayaran bersifat realtime, cocok untuk pemesanan hotel mendadak.


Cara pembayaran: Kartu kredit Visa, Mastercard, American Express

4. Tiket.com

Nah sekarang saya lagi getol pake tiket.com, selain kantornya ada di Jakarta (lokal) seperti rajakamar.com, Tiket.com juga memberikan poin reward seperti agoda.com.
  • Pemesanan real time, bisa booking sekarang, cek in hari ini juga. Walau ada beberapa hotel yang bakal bikin kita nunggu pas lagi cek in karena mereka mau ngecek dulu proses reservasinya.
  • Tetapi sepertinya poin reward di Tiket.com lebih mudah untuk dipakai dibandingkan agoda.com, karena di tiket.com tidak ada syarat minimal jumlah poin, berapapun bisa langsung dipakai.
  • Banyak program promosi dengan beberapa kartu kredit bank-bank lokal seperti BNI dan Mandiri
  • Selain untuk booking hotel, tiket.com juga melayani pemesanan tiket pesawat, tiket tempat wisata, dll.
Cara pembayaran: Kartu kredit, e-Banking (KlikBCA, Mandiri Clickpay, BCA Klikpay, CIMBClicks), m-banking, Transfer ATM, ePay BRI, XL Tunai

4. Accorhotels.com

Accorhotels merupakan layanan untuk jaringan Accor, seperti Ibis, Novotel, Mercure, Grand Mercure, Orbis, Pullman. Disini pemesanan harus jeli karena dalam satu jenis kamar yang sama, harga yang ditawarkan berbeda-beda, tergantung paket yang kita ambil. Seringnya harga yang ditawarkan belum termasuk breakfast, jadi kalau mau nambah breakfast kudu bayar nambah lagi. Acoorhotels menjamin harga yang ditawarkan lebih murah dibandingkan online booking lainnya, kalau berdasarkan pengalaman harganya terkadang memang lebih murah, tetapi kembali harus jeli karena biasanya tidak include breakfast, sementara yang lain sudah termasuk. Biaya breakfast bervariasi, mulai dari 100 ribu/orang.
 
4. Accorhotels.com pake Accor membership advantage plus


Accor membership advantage plus, merupakan layanan dari Accor untuk member khusus. Untuk memperoleh fasilitas member khusus ini, kita harus membayar biaya langganan per tahun yang berkisar diatas 2,4 juta per tahun.
Untuk biaya yang dikeluarkan kita memperoleh benefit, seperti:

a. Complimentary Night
Complimentary Night atau Gratis menginap di Hotel seluruh jaringan Accor (Ibis, Novotel, Mercure, Pullman, dll) untuk 2 malam. Berdasarkan pengalaman saya, complimentary night ini dalam satu malam sepertinya terbatas, tidak semua hotel tersedia pada saat kita akan menggunakan fasilitas complimentary night. Biasanya yang tersedia adalah untuk jaringan Ibis, Novotel dan Mercure.
  • Cara untuk memperoleh complimentary night, adalah kita login menggunakan nomor membership kita ke website accor membership advantage plus (diberikan melalui email ketika kita terdaftar).
  • Kemudian masukkan tanggal, jumlah malam, jumlah kamar yang kita inginkan dan ceklis tanda "use complimentary night"
  • Maka akan muncul hasil search yang berupa daftar kamar dan hotel yang tersedia untuk tanggal yang kita inginkan. Dalam list tersebut muncul hotel yang tersedia complimentary night, hotel yang kamarnya tersedia tetapi tidak tersedia complimentary night (free room habis), dan ada hotel yang tidak tersedia sama sekali untuk tanggal tersebut.
  • Silahkan memilih hotel dan jenis kamar yang dituju. 
  • Dalam 1 kali booking, hanya diperbolehkan untuk mengambil 1 malam complimentary night. Jadi kalau mau menggunakan langsung 2 malam, sebaiknya dilakukan dalam dua kali booking.
  • Jangan lupa untuk membawa bukti pemesanan dan kartu membership Accor pada saat check in.
b. Program Discount

Accor sering melakukan program diskon, seperti bayar 2 malam untuk menginap 3 malam, dst. Cuma pastikan harga yang dibayarkan setelah diskon benar-benar lebih murah dibandingkan booking online lainnya. Jangan sampai tertipu dengan program yang ada, padahal harganya sama saja atau lebih mahal.

Perihal harga masing-masing situs online bervariasi, kadang agoda.com lebih murah, kadang juga tiket.com lebih murah atau accorhotels.com lebih murah.
Yang paling bijak adalah menggunakan
  1. www.hotelscombined.co.id disitu kita bisa dapat perbandingan harga langsung di setiap hotel yang kita inginkan.
  2. Manfaatkan www.tripadvisor.com untuk tau review hotel-hotel rekomended sebelum kita booking hotel ybs.

7 komentar:

  1. Makasi infonya,,,yang saya mau tanyakan adalah,,apakah situs tersebut sangat di rekomendasikan? saya pernah booking ticket ke Bali tapi tapi dipersulit ketika di bandara.
    penginapan di bali

    BalasHapus
  2. wah makasih banyak info nya gan

    BalasHapus
  3. Kalau sangat di rekomendasikan pasti bagus pelayanannya,,, tapi lebih aman yang memiliki nama dan memang sangat rekomended

    BalasHapus
  4. @rimba tulisan artikel diatas berdasarkan pengalaman penulis. Sampai sejauh ini belum pernah mengalami kesulitan.

    BalasHapus
  5. Terima kasih,,saya lagi membutuhkan ticket dan sewa hotel untuk liburan tahun baru bersama keluarga

    BalasHapus
  6. Sekarang untuk booking hotel gak susah gan, mending pakai online booking soalnya harganya bisa di cek sewaktu waktu dan aman kok.
    Oh ya kalau ke solo jangan lupa mampir tempat kita ya.
    Luxurius Resort dengan kolam renang pribadi, guest room pribadi dan dapur pribadi dengan harga yang terjangkau. Terletak dekat dengan bandara Adi Soemarmo dan pusat kota. Kunjungi The Edelweiss Hideaway Solo​ atau click ke http://the-edelweiss.com/Solo/index.php

    BalasHapus
  7. Sebelumnya sudah tau pegipegi.com belum kak? pegipegi.com adalah OTA yang berada satu grup dengan situs OTA nomer satu dunia jalan.net
    Pegipegi memiliki best price guarantee, sehingga harga termurah menjadi nilai utama kami. Jika nanti kakak menemukan harga yang lebih murah bisa menghubungi customer service kami agar harganya bisa turun hingga lebih murah dari OTA lain :)

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.