Header Ads

Mau santai ke pantai, tapi takut kulit gosong?


Jalan-jalan ke pantai, menikmati matahari dan pasir, tetapi apakah kulit kita aman? Kerusakan kulit menjadi perhatian bagi yang ingin menghabiskan waktu di bawah sinar matahari. Sinar ultraviolet (UV) matahari dapat membuat kulit Anda lebih tua sebelum waktunya dan menyebabkan keriput, bintik matahari, dan bahkan kanker kulit.

Kulit adalah organ terbesar tubuh Anda dan terkena sinar matahari setiap hari. Kulit terdiri dari tiga lapisan:

  1. Epidermis – Lapisan terluar kulit yang tebalnya sekitar 10 mikron. Lapisan ini mengandung melanin yang memberi warna pada kulit Anda dan melindungi tubuh Anda dari sinar UV yang berbahaya. Di lapisan ini juga terdapat kelenjar minyak, kelenjar keringat dan folikel rambut.
  2. Dermis – Ini adalah lapisan jaringan keras di bawah epidermis Anda yang mengandung serat kolagen dan elastin yang memberikan kekuatan dan elastisitas pada kulit Anda. Di lapisan ini juga terdapat pembuluh darah, saraf dan akar rambut (jika ada).
  3. Hipodermis – Juga dikenal sebagai lemak subkutan, lapisan ini terletak di bawah dermis Anda dan memberikan insulasi terhadap panas dan dingin serta bantalan terhadap pukulan ke tubuh Anda seperti benturan atau jatuh pada permukaan yang keras seperti lantai beton atau trotoar (yang dapat menyebabkan memar)

Saat Anda berada di pantai atau kolam renang, atau bermain air, penting untuk melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat sinar matahari. Anda dapat menghindari kerusakan kulit Anda dengan mengikuti tips ini:

  1. Tabir surya - Langkah pertama untuk melindungi kulit Anda adalah mengoleskan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih tinggi sebelum pergi ke luar. Jika Anda berencana berada di bawah sinar matahari selama lebih dari 30 menit, gunakan produk dengan SPF 60 atau lebih tinggi.
  2. Kenakan pakaian pelindung - Kenakan topi, kacamata hitam, dan lengan panjang jika memungkinkan. Meski cuaca mendung berawan, sinar ultraviolet masih bisa mencapai kulit dan menyebabkan kerusakan.
  3. Jangan terlalu lama berada di bawah sinar matahari - Hindari menghabiskan terlalu banyak waktu di bawah sinar matahari langsung, terutama antara pukul 10.00 dan 14.00, saat sinar matahari paling kuat dan paling merusak.
  4. Hidrasi - Minumlah banyak air saat menghabiskan waktu di luar ruangan di bawah sinar matahari langsung agar tidak mengalami dehidrasi karena kelelahan atau keringat akibat aktivitas fisik.
  5. Suplemen antioksidan - Selain menggunakan proteksi di luar dan menjaga hidrasi, suplemen antioksidan juga terbukti secara klinis dapat mencegah kerusakan kulit akibat sinar matahari. Jadi, ga ada salahnya kalau sudah berencana jalan-jalan ke pantai, konsumsi juga suplemen antioksidan sebagai perlindungan tambahan untuk kulit.

Yuk, kita mantai..

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.