Header Ads

Cara Menghilangkan Bau Mulut dan Menemukan Penyebabnya


Menurut penelitian, antara 22% dan 50% orang di seluruh dunia menderita bau mulut atau istilahnya adalah halitosis. Bau mulut merupakan gangguan yang tidak menyenangkan, yang dapat mempengaruhi harga diri dan mengganggu hubungan kita dengan orang lain .

Bau mulut yang terus-menerus bisa menjadi pertanda masalah yang lebih serius. Kabar baiknya adalah bahwa itu hampir selalu dapat diobati. Jika ingin tahu apa yang menyebabkan bau mulut dan bagaimana cara menghilangkan bau mulut untuk selamanya, teruslah membaca.

Apa yang Bisa Menyebabkan Bau Mulut?

Halitosis sementara bisa berasal dari makan makanan yang dapat menyebabkan bau, seperti bawang putih, konsumsi alkohol yang berlebihan, atau mulut kering setelah tidur. Untuk mengatasi jenis halitosis ini dengan menyikat dan membersihkan gigi dengan benang gigi dan berkumur dengan obat kumur.

Berhati-hatilah bahwa makanan berbau tajam seperti bawang putih dapat memengaruhi napas Anda hingga tiga hari saat mereka melewati sistem pencernaan Anda.

Bau mulut yang berkelanjutan dapat berasal dari salah satu kondisi berikut:

Kebiasaan yang tidak sehat

Kebersihan gigi yang baik adalah langkah pertama menuju nafas segar. Jika Anda tidak menyikat gigi dan menggunakan benang gigi setidaknya dua kali sehari, partikel makanan akan tersangkut di sela-sela gigi dan mulai membusuk. Ini menciptakan kondisi ideal bagi bakteri berbau busuk untuk berkembang biak di gigi, lidah, dan gusi Anda.

Merokok dan mengunyah tembakau juga menyebabkan bau mulut, menodai gigi, dan mengiritasi gusi.

Berpuasa atau Diet dengan tidak makan adalah penyebab lain dalam hal bau mulut. Ketika tubuh Anda mulai memecah lemak, ia mengeluarkan bau tidak sedap yang dapat menyebabkan bau mulut.

Mulut kering

Mulut kering bertanggung jawab atas napas pagi, terutama jika Anda tidur dengan mulut terbuka.

Air liur sangat penting untuk menjaga kelembapan mulut, menetralkan asam dari plak, dan membersihkan sel-sel mati yang menumpuk di mulut. Saat Anda tidur, produksi air liur melambat, dan agen penyebab bau mulut ini menumpuk.

Obat-obatan tertentu, seperti antidepresan atau antihistamin, juga dapat menyebabkan mulut kering. Lainnya menyebabkan reaksi kimia yang dapat menyebabkan bau mulut.

Masalah kelenjar ludah juga dapat menyebabkan mulut kering. Sindrom Sjögren adalah penyakit autoimun yang menyebabkan mulut kering disertai nyeri otot, kulit kering, dan mata kering.

Penyakit

Berbagai kondisi medis dapat menyebabkan bau mulut. Diantaranya

Diabetes

Diabetes dapat meningkatan risiko penyakit gusi yang menyebabkan bau mulut. Selanjutnya, penyakit gusi dapat meningkatkan gula darah dan memperburuk diabetes.

Walaupun demikian Diabetes bukan satu-satunya masalah yang dapat menyebabkan masalah gusi. Silahkan cari tahu semua tentang penyakit yang dapat menyebabkan penyakit gusi dan radang gusi.

Refluks Asam Kronis

Gangguan pencernaan ini menyebabkan asam atau cairan lambung yang berbau tidak sedap bocor kembali ke kerongkongan Anda. Dari sana, baunya disaring melalui mulut Anda.

Pneumonia atau Bronkitis

Kondisi paru-paru ini disebabkan oleh bakteri atau virus yang menciptakan nanah dan dahak di kantung udara paru-paru Anda. Saat Anda batuk, nanah berbau busuk ini menempel di bagian dalam mulut Anda, menyebabkan bau mulut.

Beberapa Kanker

Dalam beberapa kasus, bau mulut dapat mengindikasikan kanker orofaringeal. Gejala lain dari penyakit ini meliputi:

  • sariawan yang tidak kunjung sembuh
  • kesulitan menelan
  • sakit mulut
  • penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan
  • benjolan di leher Anda

Jika Anda memiliki gejala-gejala ini, segera kunjungi dokter Anda. Mereka dapat meresepkan operasi atau pengobatan untuk menghentikan kanker ini di jalurnya.

Gangguan Hati atau Ginjal

Masalah hati atau ginjal mengganggu cara tubuh Anda mengeluarkan racun, terutama belerang. Zat asing yang tertinggal ini dapat menyebabkan halitosis yang tidak hilang dengan menyikat gigi secara teratur.

Anda memerlukan intervensi medis segera untuk mengobati penyebab bau mulut jenis ini, yang dikenal sebagai fetor hepaticus.

Batu Amandel

Batu amandel adalah endapan kalsium yang terbentuk di antara kripta (lipatan) tonsil. Batu kecil yang mengeras ini dapat menjadi tempat berkembang biaknya bakteri dan menyebabkan bau mulut.

Anda dapat mencegah dan meredakan batu amandel dengan berkumur dengan air garam hangat.

Dalam kebanyakan kasus, batu amandel berkembang selama serangan tonsilitis. Mengobati infeksi ini akan meringankan masalah juga.

Cara Menghilangkan Bau Mulut

Rutinitas kesehatan gigi yang ketat adalah perawatan bau mulut terbaik yang tersedia. Sikat gigi Anda setidaknya dua kali sehari dengan pasta gigi berfluoride berkualitas baik.

Flossing sangat penting untuk menghilangkan partikel makanan dari sela-sela gigi Anda. Pastikan Anda juga menyikat lidah.

Membilas mulut Anda dengan obat kumur antibakteri bebas alkohol akan membantu membatasi pertumbuhan bakteri penyebab bau.

Belilah sikat gigi baru setidaknya setiap tiga bulan atau segera setelah bulu-bulunya berubah bentuk dan tidak efektif.

Dokter Gigi Anda Dapat Membantu Anda Meringankan Bau Mulut

Anda harus mengunjungi dokter gigi setiap enam bulan untuk pemeriksaan dan pembersihan rutin. Ini tidak hanya akan membantu Anda menghindari bau mulut, tetapi juga memungkinkan dokter gigi Anda mengidentifikasi area masalah sebelum menjadi masalah serius.

Yang terbaik adalah mengunjungi dokter Anda mengenai perawatan untuk bau mulut yang disebabkan oleh penyakit atau kondisi kronis. Dokter gigi Anda akan merujuk Anda ke spesialis medis jika mereka tidak dapat membantu Anda dengan perawatan yang sesuai.

Jika Anda mengembangkan gingivitis, Anda mungkin memerlukan intervensi bedah segera untuk mencegah kerusakan permanen.

Rawat Penyebabnya, Bukan Gejalanya

Permen karet dan permen bebas gula dapat membantu menutupi bau mulut, tetapi tidak akan membantu Anda menghilangkannya selamanya.

Anda harus mengobati penyebab yang mendasari jika Anda ingin bantuan permanen. Dalam banyak kasus, kebersihan gigi yang disiplin adalah semua yang Anda butuhkan untuk menghilangkan bau mulut.

Di lain waktu, Anda mungkin memerlukan intervensi medis drastis untuk mencegah kesehatan buruk yang berkelanjutan. Satu-satunya cara untuk mengetahuinya adalah dengan berbicara dengan ahli gigi tentang masalah Anda.

Dapatkan Bantuan yang Anda Butuhkan

Dokter gigi Anda adalah pertahanan pertama Anda terhadap penyakit yang lebih serius dan kerusakan permanen, dan dokter Anda juga dapat memberikan saran yang bermanfaat.

Jangan merasa malu untuk berbicara dengan dokter gigi Anda tentang cara menghilangkan bau mulut. Mereka mungkin pernah melihat kasus yang lebih buruk sebelumnya.


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.