Header Ads

Cara Mudah Deteksi Borax

Dua siswi asal SMAN 3 Semarang, Dayu Laras Wening dan Luthfia Adila, berhasil menemukan cara mudah untuk deteksi borax dengan hanya bermodalkan tusuk gigi. Temuan tersebut mereka sebut dengan "Stick of Borax Detector (SIBODEC)".

Penemu SIBODEC (C) Tribunnews.com
Cara pakainya cukup mudah yaitu hanya alat berbentuk tusuk gigi tersebut ditusukan pada makanan yang dicurigai mengandung borax. Kemudian tunggu hingga 5 detik, jika tusuk gigi tersebut berubah warna menjadi merah, maka bisa dipastikan makanan tersebut mengandung borax. Temuan tersebut membawa mereka meraih medali emas dalam National Young Inventors Award.

Prinsip kerjanya SIBODEC cukup sederhana, yaitu dengan memanfaatkan adanya reaksi BORAX dengan curcumin suatu zat yang terdapat dalam kunyit. Jadi bagi yang ingin nyoba bikin sendiri, bisa dengan menusukkan tusuk gigi ke kunyit kemudian tusukkan ke makanan yang kita curigai mengandung Borax. Jika tusuk gigi tersebut berubah warna menjadi merah, maka dipastikan makanan tersebut mengandung zat kimia Borax.

SIBODEC
Berdasarkan pantauan saya, SIBODEC sudah mulai dijual di beberapa online shop seharga 25 ribu rupiah. Dengan kemasan praktis yang mudah dibawa-bawa, kita bisa dengan mudah deteksi borax untuk memastikan  makanan yang kita konsumsi aman bebas dari zat kimia berbahaya.

Borax adalah zat kimia yang digunakan untuk berbagai kebutuhan seperti untuk bleaching (pemutih) pada tekstil, bahan untuk sabun, bahan pestisida pembunuh serangga / kecoak, dll. Tetapi di negara-negara Asia, termasuk Indonesia, banyak digunakan sebagai pengawet makanan serta meningkatkan tekstur makanan seperti mie, bakso, lontong/ketupa agar lebih kenyal dan tahan lama.

Penggunaan Borax pada makanan dilarang oleh pemerintah, karena bersifat racun dan dapat menyebabkan kanker hati pada konsumsi jangka panjang.

Berikut makanan yang biasanya ditambahkan zat kimia Borax.
- Mie
- Bakso
- Lontong / Ketupat
- Tahu
- Kerupuk
So, bagi anda penggemar makanan diatas, siapkan saja SIBODEC untuk mencegah BORAX dikonsumsi oleh anda atau keluarga anda.

Kunjungi artikel kesehatan saya yang lain:
Serba-serbi kesehatan
atau artikel perjalanan saya:
Sekitar Bandung
VillaMalabar, Pangalengan
Wisata Belitung
Family Trip ke Singapore
Destinasi wisata di Ciwidey
Villa-villa di Cipanas Garut

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.