Header Ads

Family trip to Bali (4D3N), Bagian 2

the Bali Zoo

Sambungan dari Family trip to Bali (4D3N), Bagian 1

Karena semalem kelelahan gara-gara terjebak macet, untuk hari ketiga kami sepakat untuk memulai hari agak lambat. Sempet bingung juga mau ngapain hari itu, tadinya mau ke Tanah Lot aja sore-sore terus pulang. Anak-anak pun rada lesu, pas bangun tidur ga langsung minta berenang seperti hari sebelumnya. Sarapan tetap di McD di deket hotel, sampe akhirnya pas lewat kita merhatiin beberapa iklan tujuan wisata di Bali.

Salah satu iklan yang bikin penasaran adalah Bali Zoo. Dulu sebenernya pernah kepikiran untuk pergi ke Bali Zoo karena ada penawaran voucher murah dari Groupon, cuman entah kenapa ga memutuskan untuk beli. Nyoba lihat website resminya www.bali-zoo.com ternyata tarif masuknya tidak terlalu mahal dan ada waterpark nya. Akhirnya diputuskan selepas sarapan kami langsung berangkat ke Bali Zoo.

Lokasi Bali Zoo ada di daerah Gianyar, berdekatan dengan Ubud. Jadi cukup jauh dari hotel, sekitar 1 jam perjalanan. Untungnya kalau pagi-pagi jalanan relatif lancar, walaupun di sekitar Legian jalanan padat seperti biasanya.

Tiba di pelataran Bali Zoo, kami ditanya oleh petugas apakah kami sudah pesan tiket atau belum, dan berapa jumlah orang yang ikut. Kemudian kami diberi tiket dan dituliskan jumlah orang sesuai dengan yang kami sebut. Masuk ke bagian pembelian tiket, terdapat sekitar 3 kassa tiket, 1 kassa khusus untuk yang sudah pesan duluan.
Di gerbang Bali-Zoo tersedia fasilitas foto booth juga
Harga tiket Bali Zoo dewasa 110 ribu/orang dan anak-anak 85 ribu/orang, sudah termasuk tiket waterzoo untuk anak-anak. Luas Bali Zoo cukup kecil sebenernya, tapi dengan pengaturan yang unik. Kita tinggal mengikuti jalan yang ada, maka kita bisa melihat semua atraksi yang ada. Koleksi binatangnya juga tidak terlalu banyak, tapi yang menarik adalah adanya atraksi pada jam-jam tertentu.
Koleksi hewan di Bali Zoo memang tidak banyak, tapi cukup unik
Pada atraksi tersebut, kita berkumpul ditempat yang asri, kemudian pembawa acara akan memanggil satu persatu hewan yang ada. Mulai dari landak, hingga berbagai jenis burung, cukup seru dan tidak membosankan. Ada juga tempat khusus bagi kita yang ingin langsung memberi makan pada hewan-hewan seperti rusa, kambing, dll.
Presentasi hewan penghuni Bali Zoo, cukup menghibur dan edukatif

Helloo..
Anak-anak diperbolehkan untuk langsung memberi makanan pada hewan


Puas keliling kebun binatang, anak-anak langsung nagih berenang di waterplay yang ada di Bali Zoo. Jangan membayangkan waterpark ini berukuran seperti snow bay, waterboom PIK, Jungle, dll, Taman air yang tersedia di Bali Zoo lebih tepat disebut taman air mini, karena memang ukurannya tidak terlalu besar dan hanya menyediakan satu jenis taman air. Taman air tersebut hanya untuk anak-anak, bagi orang dewasa tidak diperbolehkan berenang. Di sekeliling kolam tersedia gazebo yang bisa disewa seharga 50 ribu rupiah per 2 jam. Fasilitas lain, tersedia ruang ganti pakaian, loker, toko cinderamata, dan photo booth.

WaterZoo, kolamnya cuman satu, tapi cukup menghibur buat anak-anak.

Tampak samping
Dari Bali Zoo, perut sudah laper maksimal, nyari di google maps tidak ada rumah makan yang rekomended disekitar Bali Zoo. Sebenernya di Bali Zoo juga tersedia rumah makan, tetapi istri saya sepertinya tidak tertarik untuk makan disana. Akhirnya kami berangkat ke daerah Sanur untuk makan siang di rumah makan Mak Beng. Rumah makan yang sudah terkenal yang menyediakan sop ikan dengan sambelnya yang pedas. Di Mak Beng kami harus antri hingga satu jam lebih sebelum bisa dapet tempat duduk (bukan antri sih tepatnya, tapi rebutan tempat duduk). Dari Bali Zoo ke Mak Beng waktu tempuhnya 1 jam lebih.
pantai sanur, hanya sekitar 20 meter dari resto Mak Beng

Dari Mak Beng, kami berangkat menuju Tanah Lot. Agak harap-harap cemas pergi dari mak Beng jam 4 sore menuju tanah lot, karena khawatir keburu malem, mengingat perjalanan ke Tanah Lot dari Sanur cukup jauh (27 km) dan kondisi jalanan yang seringnya macet. Tetapi alhamdulillah, kami sampai juga di Tanah Lot untuk sekedar berfoto-foto.

Tanah Lot

Puas berfoto-foto, selepas magrib kami beranjak pulang kembali ke hotel. Dan pengalaman buruk bermacet-macetan di hari sebelumnya kembali terjadi, dari Tanah Lot kami berputar ke arah by pass ngurah rai dan masuk melalui kartika plaza untuk balik ke Hotel di kawasan pantai Kuta. Beberapa ruas jalan menuju kuta ditutup, problem solving khas di negri kita: "Jalanan macet, hayo kita tutup beberapa ruas jalan biar semua kendaraan numpuk semua di satu jalan saja", sigh!

Mengakhiri hari dengan lelah, nyampe hotel langsung pada tumbang tertidur pulas. Acara hari terakhir, kami hanya jalan-jalan di sekitar pantai Kuta, melihat-lihat mall beachwalk, istirahat di hotel sebentar, kemudian jam 12 siang kita cek out menuju bandara. Semula mau mampir makan dulu di warung Ayam Betutu dekat bandara ngurah rai, tapi ternyata jalanan macet. Jarak hotel ke bandara yang kurang dari 5 km itu kita tempuh hingga 1 jam lebih, jadinya ga berani mampir-mampir dulu, langsung ke Bandara, serah terima mobil rental, kemudian cek in.
Pintu masuk ke hotel dari Jalan Raya Kuta

Sebelah kiri adalah restoran Hotel Grand Istana Rama, persis seberang jalan adalah pantai Kuta
Pas cek in ke Lion Air, ternyata masih harus bayar airport tax sebesar 100 ribu per orang!, alesannya karena kami beli tiket sebelum april 2015. Kondisi Bandara Ngurah Rai memang tidak seperti dulu, sudah jauh lebih bagus, ga kalah dengan bandara-bandara internasional di luar negri. Memang sudah selayaknya begitu.
Suasana di bandara Ngurah Rai, sudah keren! 
Iseng-iseng di bandara, hehe
Perjalanan kami berlanjut ke Lombok!.
Siap untuk perjalanan selanjutnya
Itenary lengkap Family Trip kami di Bali (4 hari 3 malam)

Hari Pertama
- Perjalanan dari Bandung ke Bandara Ngurah Rai Bali
- Bandara ke Hotel Grand Istana Rama Kuta
- Acara bebas dan istirahat di hotel

Hari Kedua
- Acara bebas di Pantai Kuta dan Hotel
- Pantai Nusa Dua
- Pantai Pandawa
- Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK)
- Klapa Pecatu, Pantai Dreamland
- Jimbaran (keburu kemaleman)
- Discovery Mall, Kartika Plaza

Hari Ketiga
- Acara bebas di Pantai Kuta dan Hotel
- Bali Zoo, Gianyar
- Lunch di RM Mak Beng, Sanur
- Tanah Lot
(opsi di hari ketiga sebenernya bisa ke daerah Ubud yang lokasinya berdekatan dengan Bali Zoo)

Hari Keempat
- Acara bebas di Pantai Kuta dan Hotel
- Cek Out, menuju bandara dan perjalanan ke Lombok

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.