Header Ads

Mengatasi tangan panas

Pernah terkena air mendidih, cipratan minyak panas, knalpot, atau tangan panas gara-gara sambel kelamaan? mungkin pernah atau justru anda nyasar ke blog ini karena mencari cara untuk mengobati tangan panas, atau anggota tubuh lain yang kepanasan atau hampir melepuh.
Saya mau sedikit berbagi tips yang saya lakukan untuk mengatasi tangan panas karena terkena cipratan air mendidih, knalpot, sambal, dll. Tips ini juga bisa dipakai untuk anggota tubuh lain yang terkena cipratan air mendidih, knalpot, sambal dll
  1. Pastikan tidak ada luka terbuka, artinya tidak berdarah.
  2. Segera kompres bagian yang terkena panas dengan kompres dingin, bisa menggunakan air es atau diguyur secara perlahan dengan air dingin. Lanjutkan terus hingga minimal 15 menit atau bisa diteruskan jika masih terasa panas.
  3. Gunakan krim Sodermix (bisa dicari di apotek-apotek terdekat), oleskan dibagian yang terkena panas. Oleskan hingga merata.
Pengalaman saya, dengan cara seperti itu organ tubuh yang terkena panas akibat faktor-faktor yang saya sebut diatas lebih cepat untuk pulih dan tidak berlanjut menjadi melepuh. Tetapi jika luka bakar cukup parah, sebaiknya meminta pertolongan medis secepatnya.

Krim sodermix bisa terus digunakan jika terjadi kemerahan pada kulit, pakai terus hingga rasa perih atau hingga kemerahannya hilang. Krim sodermix juga bisa digunakan untuk menyamarkan bekas luka / luka parut, sehingga warna kulit bekas luka yang biasanya berbeda dengan kulit sekitar bisa memudar.

Kunjungi artikel kesehatan saya yang lain:
Serba-serbi kesehatan
atau artikel perjalanan saya:
Sekitar Bandung
VillaMalabar, Pangalengan
Wisata Belitung
Family Trip ke Singapore
Destinasi wisata di Ciwidey
Villa-villa di Cipanas Garut

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.