Jumat, Oktober 28, 2022

UPF vs SPF, mana yang paling baik untuk melindungi kulit dari Sinar Matahari?

Jalan-jalan di pantai atau pun di Gunung, kita berpotensi untuk terpapar sinar Ultraviolet yang bisa merugikan kesehatan kulit kita, mulai dari kulit kering, kusam, hingga kulit terbakar dan yang paling parah kanker kulit. Di pasaran, terdapat beberapa istilah yang mengacu pada pelindung kulit dari sinar matahari, seperti UPF dan SPF. Apa perbedaannya dan mana yang terbaik? Kami membantu Anda memutuskan panduan cepat dan praktis kami.

Apa itu UPF?

UPF adalah singkatan dari Ultra Violet Protection Factor dan merupakan pengukuran perlindungan matahari yang relatif baru yang dirancang untuk kain pelindung matahari. Ini adalah sistem penilaian yang menyatakan seberapa banyak radiasi UV matahari dapat menembus kain dan mencapai kulit. Standar UPF belum umum tertera di pakaian, jadi ada yang menuliskan nilai UPF tetapi sebagian besar tidak.

UPF diukur pada skala 15 hingga 50. Semakin tinggi angka skala, semakin sedikit sinar matahari yang dapat menembus kain. UPF juga memperhitungkan jumlah sinar UVA dan UVB yang dapat mencapai kulit, sedangkan SPF tidak.

Apa itu SPF?

SPF adalah ukuran yang merupakan singkatan dari Sun Protection Factor. Ini didasarkan pada jumlah waktu yang dibutuhkan matahari untuk membakar kulit Anda. Angka yang tertera pada botol merupakan faktor penentu berapa lama Anda bisa keluar rumah setelah waktu pembakaran rata-rata Anda.

Semakin tinggi nilainya, semakin banyak perlindungan yang ditawarkannya. Misalnya, rata-rata orang membutuhkan 10 hingga 20 menit untuk terbakar di bawah sinar matahari. Tabir surya SPF 30 faktor akan memungkinkan Anda untuk tetap berada di luar 30 kali lebih lama dari waktu pembakaran normal Anda.

Nilai SPF yang terkandung dalam sebuah produk, menentukan berapa kali waktu yang dibutuhkan untuk melindungi kulit. Secara singkat, semakin tinggi nilai yang tercantum maka semakin lama perlindungannya. Memilih SPF bisa jadi membingungkan karena beberapa opsi yang berbeda. Untuk itu, berikut ini merupakan perbedaan angka dibelakang tulisan SPF yang bisa Anda perhatikan

  • SPF 15 dapat menahan hingga 93% radiasi sinar UVB
  • SPF 30 dapat menahan hingga 97% radiasi sinar UVB
  • SPF 50 dapat menahan hingga 98% radiasi sinar UVB

Diantara SPF 15-50, ada juga perbedaan menit dalam memberikan perlindungan bagi kulit. Sama seperti yang telah dijelaskan, bahwa pada kulit normal manusia akan bertahan 10 menit saja di bawah paparan sinar matahari, maka jumlah SPF menentukan 10 kali lipat kulit mampu menahan panas matahari tersebut.

  • Produk yang mengandung SPF 15, akan memberikan ketahanan selama 10 menit x 15 = 150 menit atau 2,5 jam.
  • Produk yang mengandung SPF 25, akan memberikan ketahanan selama 10 menit x 25 = 250 menit atau 4 jam 10 menit.
  • Produk yang mengandung SPF 30, akan memberikan ketahanan selama 10 menit x 30 = 300 menit atau 5 jam
  • Produk yang mengandung SPF 50, akan memberikan ketahanan selama 10 menit x 50 = 500 menit atau 8 jam lebih.

UPF vs SPF dan Mana Yang Terbaik?

Pakaian akan selalu menjadi bentuk perlindungan terbaik terhadap sinar matahari. Karena kain terutama kain UPF dapat menghalangi sinar matahari mencapai kulit kita. Selain itu, dengan menggunakan kain UPF, kita tidak perlu repot-repot untuk mengoleskan ulang krim. Apalagi saat bepergian dan kegiatan di luar ruangan, mungkin kita sering lupa untuk mengoleskan ulang tabir surya. Padahal keringat dari tubuh, terkena air, dapat menyebabkan krim bisa hilang sehingga perlindungan yang diberikan juga hilang.

Jadi, jika membandingkan UPF vs SPF, bagaimana Anda bisa memastikan bahwa Anda terlindungi? Salah satu cara terbaik untuk melindungi kulit Anda adalah dengan menggunakan kombinasi keduanya. Tabir surya faktor SPF tinggi seperti faktor 30 harus dikombinasikan dengan kain dan pakaian UPF berkualitas.

Lindungi kulit Anda hari ini ya.


Rabu, Oktober 26, 2022

Tips Nyaman di Pesawat

Perjalanan udara telah menjadi transportasi yang banyak dipilih bagi banyak orang. Bisa menghemat waktu untuk pergi dari kota ke kota, sering kali menyenangkan dan mengasyikkan dibandingkan menghabiskan berhari-hari di dalam mobil yang tak jarang harus berjuang dengan kemacetan. Apalagi perjalanan ke luar negri, perjalanan udara biasanya menjadi pilihan utama. 

Tetapi, bepergian dengan pesawat juga bisa menjadi sedikit tidak nyaman. Duduk berlama-lama di ruang terbatas bersama dalam waktu yang relatif lama. Itulah mengapa sangat penting untuk menyiapkan pakaian selama penerbangan. 

Artikel ini membahas cara berpakaian saat naik pesawat ke tujuan Anda. Karena berpakaian dengan nyaman dapat membuat semua perbedaan. Teruslah membaca untuk mempelajari beberapa tips perjalanan yang bermanfaat.

1. Sepatu Slip-On yang Nyaman

Meskipun Anda akan menghabiskan satu jam atau lebih duduk di penerbangan, Anda harus pergi ke bandara, melewati keamanan, dan kemudian berbaris melintasi hektar terminal bandara untuk menemukan gerbang Anda. Ini bisa menjadi proses yang melelahkan.

Itulah mengapa penting untuk memakai sepatu yang nyaman. Ini akan membuat hari Anda jauh lebih menyenangkan. Tip bagus lainnya adalah memakai slip-on, yang akan membantu mempercepat perjalanan Anda melalui keamanan.

Dan untuk wanita yang lebih suka memakai sepatu hak, silakan dan bawa, tetapi simpan di dalam tas Anda sehingga Anda dapat mengganti sepatu yang nyaman setelah Anda mencapai tujuan.

2. Berpakaian Berlapis

Setiap orang memiliki termostat internal yang berbeda. Beberapa orang bisa merasa gerah, sementara yang lain mudah kedinginan.

Pelancong berpengalaman dengan cepat mempelajari nilai berpakaian berlapis-lapis. Tip perjalanan ini memecahkan masalah berpakaian terlalu ringan atau terlalu berat untuk penerbangan.

Mungkin kita pernah merasakan, mengenakan T-shirt dan mulai kedinginan begitu naik pesawat, Atau saat mengenakan sweter tebal, dan dengan cepat berkeringat deras sepanjang penerbangan.

Berpakaian berlapis memungkinkan Anda menyesuaikan pakaian berdasarkan tingkat kenyamanan Anda selama penerbangan. Terlepas dari bagaimana Anda berpakaian saat naik, Anda dapat melakukan penyesuaian saat Anda memanaskan atau mendinginkan. Kuncinya adalah membawa jaket tipis atau kardigan, atau bahkan bungkus atau sweter.

Sehingga mudah dipakai atau dilepas sesuai dengan kebutuhan kita supaya bisa merasa benar-benar nyaman saat berada di udara.

3. Pakaian dengan Kain yang Bernapas

Pakaian yang terbuat dari bahan bernapas akan membantu Anda tetap nyaman. Kain seperti katun, sutra, atau linen memungkinkan udara dan kelembapan masuk secara efisien daripada menyerapnya.

Ini sangat penting bagi siapa saja yang cenderung banyak berkeringat.

Mengenakan kain bernapas akan membantu menjaga tubuh Anda tetap kering, yang akan membantu membuat penerbangan Anda senyaman mungkin.

Jika Anda sedang mencari pakaian yang nyaman untuk penerbangan Anda berikutnya, beli produk ini secara online.

4. Bra Tidak Berkawat

Selanjutnya, mari luangkan waktu sejenak untuk membicarakan kenyamanan bagi para wanita. Menghabiskan waktu di pesawat yang penuh sesak bukanlah situasi yang paling nyaman, terutama jika Anda berada di kelas bisnis atau ekonomi.

Itulah mengapa penting bagi wanita untuk mencari segala cara untuk memaksimalkan kenyamanan. Ini termasuk jenis bra yang Anda kenakan di penerbangan.

Mengenakan bra tidak berkawat adalah tip perjalanan yang perlu Anda letakkan di bagian atas daftar Anda dan digarisbawahi dua kali. Karena meskipun Anda mungkin ingin terlihat terbaik setiap saat, sulit untuk memberi harga pada kenyamanan pribadi selama penerbangan panjang.

Bra berkawat mungkin bukan pilihan mode yang paling populer, tetapi kami sarankan untuk menjelajahi bagian belakang laci meja rias Anda untuk jenis pakaian dalam yang mungkin paling Anda hemat untuk akhir pekan.

Ingatlah bahwa Anda selalu dapat berubah menjadi sesuatu yang sedikit lebih modis dan mendukung saat Anda mendarat. Ini mungkin tidak tampak seperti masalah besar, tetapi cobalah dan Anda dapat berterima kasih kepada kami nanti.

5. Ransel

Baik Anda bepergian untuk bisnis atau liburan, ransel kecil cocok untuk dibawa-bawa dalam penerbangan dengan jarak berapa pun. Paket kecil sangat bagus karena dapat dengan mudah disimpan di kompartemen atas atau di bawah kursi Anda.

Dengan cara ini Anda tidak perlu memeriksa tas Anda, yang menghemat waktu dan uang. Ditambah mudah dibawa kemana-mana. Ransel juga menyediakan kantong ekstra untuk penyimpanan, tempat menyimpan bantal leher, buku, atau perangkat elektronik untuk penerbangan.

Mereka juga membuat naik pesawat menjadi mudah, karena Anda dapat mengaitkan tali di bahu Anda agar tidak menghalangi saat Anda berjalan di lorong sempit.

6. Pakaian dengan Banyak Kantong

Sangat mudah untuk melupakan barang-barang saat bepergian. Dan biasanya hal-hal kecil yang Anda tidak bisa hidup tanpanya. Seperti kabel pengisi daya, uang tunai, paspor, kunci, kaca baca, dan barang sejenis lainnya.

Jadi cobalah untuk memakai pakaian dengan banyak kantong. Ini menyediakan banyak tempat untuk menyimpan barang-barang agar selalu mudah dijangkau saat Anda membutuhkannya.

7. Tetap tampil Gaya

Dan terakhir, selalu berusaha untuk tampil sebaik mungkin, untuk penerbangan akan membuat Anda merasa percaya diri.

Ya, Anda ingin senyaman mungkin selama penerbangan, namun kenyamanan tidak harus berarti terlihat berantakan. Jadi lewati tank top, celana pendek, dan sandal jepit, dan berpakaianlah seperti orang dewasa.

Cara Berpakaian di Pesawat

Beberapa orang menikmati perjalanan udara lebih dari yang lain. Ini adalah cara paling efisien untuk berkeliling, dan dengan sedikit usaha dan sikap yang benar, naik pesawat daripada mengemudi benar-benar menyenangkan.

Kuncinya adalah berpakaian sehingga Anda merasa nyaman dan memiliki semua yang Anda butuhkan untuk perjalanan. Kiat perjalanan yang terkandung dalam artikel ini dapat membantu menjadikan perjalanan Anda berikutnya sebagai petualangan yang menyenangkan daripada tugas.

Selasa, Oktober 25, 2022

Cara Menghilangkan Bau Mulut dan Menemukan Penyebabnya


Menurut penelitian, antara 22% dan 50% orang di seluruh dunia menderita bau mulut atau istilahnya adalah halitosis. Bau mulut merupakan gangguan yang tidak menyenangkan, yang dapat mempengaruhi harga diri dan mengganggu hubungan kita dengan orang lain .

Bau mulut yang terus-menerus bisa menjadi pertanda masalah yang lebih serius. Kabar baiknya adalah bahwa itu hampir selalu dapat diobati. Jika ingin tahu apa yang menyebabkan bau mulut dan bagaimana cara menghilangkan bau mulut untuk selamanya, teruslah membaca.

Apa yang Bisa Menyebabkan Bau Mulut?

Halitosis sementara bisa berasal dari makan makanan yang dapat menyebabkan bau, seperti bawang putih, konsumsi alkohol yang berlebihan, atau mulut kering setelah tidur. Untuk mengatasi jenis halitosis ini dengan menyikat dan membersihkan gigi dengan benang gigi dan berkumur dengan obat kumur.

Berhati-hatilah bahwa makanan berbau tajam seperti bawang putih dapat memengaruhi napas Anda hingga tiga hari saat mereka melewati sistem pencernaan Anda.

Bau mulut yang berkelanjutan dapat berasal dari salah satu kondisi berikut:

Kebiasaan yang tidak sehat

Kebersihan gigi yang baik adalah langkah pertama menuju nafas segar. Jika Anda tidak menyikat gigi dan menggunakan benang gigi setidaknya dua kali sehari, partikel makanan akan tersangkut di sela-sela gigi dan mulai membusuk. Ini menciptakan kondisi ideal bagi bakteri berbau busuk untuk berkembang biak di gigi, lidah, dan gusi Anda.

Merokok dan mengunyah tembakau juga menyebabkan bau mulut, menodai gigi, dan mengiritasi gusi.

Berpuasa atau Diet dengan tidak makan adalah penyebab lain dalam hal bau mulut. Ketika tubuh Anda mulai memecah lemak, ia mengeluarkan bau tidak sedap yang dapat menyebabkan bau mulut.

Mulut kering

Mulut kering bertanggung jawab atas napas pagi, terutama jika Anda tidur dengan mulut terbuka.

Air liur sangat penting untuk menjaga kelembapan mulut, menetralkan asam dari plak, dan membersihkan sel-sel mati yang menumpuk di mulut. Saat Anda tidur, produksi air liur melambat, dan agen penyebab bau mulut ini menumpuk.

Obat-obatan tertentu, seperti antidepresan atau antihistamin, juga dapat menyebabkan mulut kering. Lainnya menyebabkan reaksi kimia yang dapat menyebabkan bau mulut.

Masalah kelenjar ludah juga dapat menyebabkan mulut kering. Sindrom Sjögren adalah penyakit autoimun yang menyebabkan mulut kering disertai nyeri otot, kulit kering, dan mata kering.

Penyakit

Berbagai kondisi medis dapat menyebabkan bau mulut. Diantaranya

Diabetes

Diabetes dapat meningkatan risiko penyakit gusi yang menyebabkan bau mulut. Selanjutnya, penyakit gusi dapat meningkatkan gula darah dan memperburuk diabetes.

Walaupun demikian Diabetes bukan satu-satunya masalah yang dapat menyebabkan masalah gusi. Silahkan cari tahu semua tentang penyakit yang dapat menyebabkan penyakit gusi dan radang gusi.

Refluks Asam Kronis

Gangguan pencernaan ini menyebabkan asam atau cairan lambung yang berbau tidak sedap bocor kembali ke kerongkongan Anda. Dari sana, baunya disaring melalui mulut Anda.

Pneumonia atau Bronkitis

Kondisi paru-paru ini disebabkan oleh bakteri atau virus yang menciptakan nanah dan dahak di kantung udara paru-paru Anda. Saat Anda batuk, nanah berbau busuk ini menempel di bagian dalam mulut Anda, menyebabkan bau mulut.

Beberapa Kanker

Dalam beberapa kasus, bau mulut dapat mengindikasikan kanker orofaringeal. Gejala lain dari penyakit ini meliputi:

  • sariawan yang tidak kunjung sembuh
  • kesulitan menelan
  • sakit mulut
  • penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan
  • benjolan di leher Anda

Jika Anda memiliki gejala-gejala ini, segera kunjungi dokter Anda. Mereka dapat meresepkan operasi atau pengobatan untuk menghentikan kanker ini di jalurnya.

Gangguan Hati atau Ginjal

Masalah hati atau ginjal mengganggu cara tubuh Anda mengeluarkan racun, terutama belerang. Zat asing yang tertinggal ini dapat menyebabkan halitosis yang tidak hilang dengan menyikat gigi secara teratur.

Anda memerlukan intervensi medis segera untuk mengobati penyebab bau mulut jenis ini, yang dikenal sebagai fetor hepaticus.

Batu Amandel

Batu amandel adalah endapan kalsium yang terbentuk di antara kripta (lipatan) tonsil. Batu kecil yang mengeras ini dapat menjadi tempat berkembang biaknya bakteri dan menyebabkan bau mulut.

Anda dapat mencegah dan meredakan batu amandel dengan berkumur dengan air garam hangat.

Dalam kebanyakan kasus, batu amandel berkembang selama serangan tonsilitis. Mengobati infeksi ini akan meringankan masalah juga.

Cara Menghilangkan Bau Mulut

Rutinitas kesehatan gigi yang ketat adalah perawatan bau mulut terbaik yang tersedia. Sikat gigi Anda setidaknya dua kali sehari dengan pasta gigi berfluoride berkualitas baik.

Flossing sangat penting untuk menghilangkan partikel makanan dari sela-sela gigi Anda. Pastikan Anda juga menyikat lidah.

Membilas mulut Anda dengan obat kumur antibakteri bebas alkohol akan membantu membatasi pertumbuhan bakteri penyebab bau.

Belilah sikat gigi baru setidaknya setiap tiga bulan atau segera setelah bulu-bulunya berubah bentuk dan tidak efektif.

Dokter Gigi Anda Dapat Membantu Anda Meringankan Bau Mulut

Anda harus mengunjungi dokter gigi setiap enam bulan untuk pemeriksaan dan pembersihan rutin. Ini tidak hanya akan membantu Anda menghindari bau mulut, tetapi juga memungkinkan dokter gigi Anda mengidentifikasi area masalah sebelum menjadi masalah serius.

Yang terbaik adalah mengunjungi dokter Anda mengenai perawatan untuk bau mulut yang disebabkan oleh penyakit atau kondisi kronis. Dokter gigi Anda akan merujuk Anda ke spesialis medis jika mereka tidak dapat membantu Anda dengan perawatan yang sesuai.

Jika Anda mengembangkan gingivitis, Anda mungkin memerlukan intervensi bedah segera untuk mencegah kerusakan permanen.

Rawat Penyebabnya, Bukan Gejalanya

Permen karet dan permen bebas gula dapat membantu menutupi bau mulut, tetapi tidak akan membantu Anda menghilangkannya selamanya.

Anda harus mengobati penyebab yang mendasari jika Anda ingin bantuan permanen. Dalam banyak kasus, kebersihan gigi yang disiplin adalah semua yang Anda butuhkan untuk menghilangkan bau mulut.

Di lain waktu, Anda mungkin memerlukan intervensi medis drastis untuk mencegah kesehatan buruk yang berkelanjutan. Satu-satunya cara untuk mengetahuinya adalah dengan berbicara dengan ahli gigi tentang masalah Anda.

Dapatkan Bantuan yang Anda Butuhkan

Dokter gigi Anda adalah pertahanan pertama Anda terhadap penyakit yang lebih serius dan kerusakan permanen, dan dokter Anda juga dapat memberikan saran yang bermanfaat.

Jangan merasa malu untuk berbicara dengan dokter gigi Anda tentang cara menghilangkan bau mulut. Mereka mungkin pernah melihat kasus yang lebih buruk sebelumnya.


Diberdayakan oleh Blogger.