Header Ads

Pantai Indah di Jawa Barat



Di awal bulan Januari 2016, medsos sempat heboh dengan adanya permintaan yang disampaikan lewat petisi yang cukup unik, yaitu meminta Walikota Bandung untuk menyediakan Pantai. Kontan saja beragam reaksi bermunculan, ada yang mendukung (contohnya saya) tak sedikit juga yang menentang. Permintaan yang aneh tersebut memang cukup menggelitik, karena dengan semakin pesatnya perkembangan sarana publik dan tempat piknik di Kota Bandung. Sepertinya warga kota Bandung masih merasa belum puas karena di Kota Bandung tidak ada pantai!.

Secara geografis memang kota Bandung berada praktis di tengah-tengah Jawa Barat, sehingga untuk piknik ke pantai terdekat harus menempuh waktu paling cepat 6 jam!. Nah, saya ingin nyeritain pantai yang bisa dipilih warga Bandung dsk, jika ingin ke pantai. Mulai dari yang terjauh dari Bandung:

1. Pantai Pangandaran (202 KM)

Pantai di jawa barat dengan jarak paling jauh dari Bandung ini, sudah terkenal hingga manca negara. Dibandingkan dengan pantai lain yang disebutkan disini, pantai Pangandaran menawarkan atraksi wisata yang paling lengkap, diantaranya:
  • Sunset dan Sunrise sekaligus. Jalan kaki dari hotel pagi-pagi atau menyewa sepeda tandem yang tersedia di sepanjang pantai, untuk pergi menikmati matahari terbit di pantai Timur. Kemudian selepas seharian menikmati suasana pangandaran, bermain ombak di pantai barat Pananjung sambil menikmati matahari terbenam.
  • Cagar Alam. Kawasan konservasi Cagar Alam yang terletak di lokasi pantai pangandaran, bisa ditempuh dengan jalan kaki. Jalan-jalan melihat goa-goa buatan jaman penjajahan atau goa yang terbentuk alami, yang banyak dipakai syuting film-film.
  • Banyak Pilihan Pantai. Jika tidak cukup nangkring di pantai barat dan timur Pangandaran, masih ada beberapa pantai yang bisa kita kunjungi dan berlokasi berdekatan dengan pantai Pangandaran, diantaranya Pantai Pasir Putih yang ada di kawasan Cagar Alam, Pantai Batu Hiu dan Karang Nini yang bisa ditemui sebelum pantai Pangandaran, atau yang lagi trend Pantai Batu Karas yang berjarak sekitar 34 KM dari Pangandaran.
  • Body Rafting di Citumang dan Green Canyon. Aktivitas ini jarang bisa ditemukan di kawasan pantai lain. Jarak dari Pantai Pangandaran ke Green Canyon dan Citumang memang tidak dekat, sekitar 30-45 menit perjalanan. Tapi kalau sedang menginap di Pangandaran tidak ada salahnya sekalian berkunjung ke sana.
  • Water Park, yup di Pangandaran juga ada Water Park yang berlokasi sekitar 2 KM dari pantai Pangandaran.
Selain itu faktor pendukung seperti hotel-hotel berbintang, pasar seni, dll, bikin aktivitas di Pangandaran bisa padat dan menyenangkan. Sehingga walaupun jarak yang cukup jauh, pantai Pangandaran masih menjadi pilihan wisata pantai nomor satu di Jawa Barat.

Mercusuar di Pantai Timur, Pangandaran
Menanti pagi di Pantai Timur, Pangandaran

2. Pantai Ujung Genteng, Sukabumi (201 KM)

Jarak Pantai Ujung Genteng dari Bandung sebenarnya tidak berbeda jauh dengan jarak dari Bandung ke Pangandaran, tetapi nasib pengelolaan pantai berbeda 180 derajat. Jika infrastruktur ke pangandaran sudah tertata dengan baik, Pantai Ujung Genteng masih buruk rupa, hehe.. Tetapi infrastruktur yang buruk bukan berarti potensi wisatanya kecil.

Pantai Ujung Genteng tidak kalah indah dengan pantai Sanur di Bali, atau pantai Kuta di Lombok. Dengan pantai yang tenang bagaikan kolam renang, terlindungi dengan berbagai batu karang, bikin kita kerasan untuk menikmati pemandangan Pantai Ujung Genteng. Selain menikmati pemandangan pantai Ujung Genteng, aktivitas lain yang bisa kita lakukan disana:
  • Melihat penangkaran kura-kura
  • Melihat tanah lot van Java di Amanda Ratu
  • Menikmati dinginnya air terjun di curug Cikaso.

Bagi yang ingin menikmati suasana pantai yang indah dan masih alami, Pantai Ujung Genteng bisa menjadi pilihan. Tetapi jangan mengharapkan Pantai Ujung Genteng serame Pelabuhan Ratu apalagi Pangandaran
    Penangkaran kura-kura yukpiknik.com-jpg

    3. Cipatujah,  Tasikmalaya (160 KM)

    Pantai Cipatujah terletak di daerah selatan  sekitar 74 KM dari kota Tasikmalaya, terus terang saya terakhir ke pantai Cipatujah sudah puluhan tahun yang lalu. Jadi kurang mengetahui kondisi infrastruktur yang ada sekarang.  Di kawasan Cipatujah, pantai yang wajib didatangi adalah Pantai Pesanggrahan, yang merupakan pusat dari Pantai Cipatujah. Disana kita bisa menikmati deburan ombat pantai selatan di Gazebo yang tersedia di pinggir pantai, atau membeli buah tangan khas Cipatujah. Pemandangan pantai Cipatujah tidak berbeda dengan pantai Pangandaran, yaitu pantai dengan garis pantai yang panjang. Sayangnya ombaknya cukup besar, sehingga tidak diperbolehkan untuk berenang.
    Selain Pantai Pesanggrahan, tidak jauh dari sana, terdapat Pantai Sindangkerta yang terkenal dengan keindahan taman lautnya, dan berbeda dengan pantai Pesanggrahan, Pantai Sindangkerta bisa dipakai berenang.

    Pantai Sindangkerta - jelajahitasik.blogspot.co.id.jpg


    4. Pantai Pelabuhan Ratu, Sukabumi (154 KM)

    Hampir sama dengan pantai Pangandaran, pantai Pelabuhan Ratu juga sudah cukup terkenal sebagai objek wisata pantai. Infrastruktur yang tersedia relatif lebih baik dibandingkan pantai-pantai lainnya yang ada di Jawa Barat. Garis pantai Pelabuhan Ratu cukup panjang, di beberapa wilayah sering dipakai untuk berenang oleh turis domestik walaupun banyak peringatan larangan untuk berenang.

    Di kawasan Pantai Pelabuhan Ratu, terdapat beberapa aktivitas yang bisa kita lakukan
    • Pantai, banyak turis domestik maupun asing yang berenang di pantai pelabuhan ratu atau bisa bermain seluncur menikmati ombak pantai yang besar.
    • Pemandian air panas, tidak jauh dari pantai Pelabuhan Ratu, terdapat pemandian air panas Cisolok.
    Pelabuhan Ratu

    5. Pantai Santolo, Pameungpeuk, Garut 

    Pantai Pameungpeuk Garut sudah sering didengar sebagai salah satu kawasan pantai di Garut. Tetapi sekarang yang mulai naik daun adalah Pantai Santolo dan Pantai Sanghyang Heulang di Garut yang masih ada di kawasan Pameungpeuk. Lokasinya dari Bandung memang cukup lumayan, harus melewati Garut dan kawasan perkebunan teh yang indah. Silahkan baca artikel kami di Pantai Santolo, Pameungpeuk, Garut, Jawa Barat


    Pantai Santolo
    Nah jadi mau ke pantai mana?

    Tidak ada komentar:

    Diberdayakan oleh Blogger.