Header Ads

Jalan menuju Caringin Tilu (Cartil) dan Bukit Moko (Puncak Bintang), Kawasan Bandung Utara

Puncak Bintang

Seperti biasa, ujug-ujug banyak bertebaran poto-poto keren landscape kota Bandung dari atas. Pas dilihat ternyata ada hashtag Bukit Moko dan Caringin Tilu (Cartil). Ok, dimana lagi tuh?
Hasil tanya sana sini dan gugling akhirnya diketahui lokasi Caringin Tilu dan Bukit Moko. Caringin Tilu dan Bukit Moko tidak bisa ditempuh menggunakan angkutan umum, karena memang tidak ada. Satu-satunya jalan menuju ke sana adalah menggunakan kendaraan pribadi.

Jalan menuju bukit moko bisa diambil dari jalan Padasuka dekat terminal Cicaheum, Jalannya sama dengan jalan menuju Saung Angklung Mang Ujo. Kalau dari jalan suci menuju cicaheum ada disebelah kiri setelah komplek Surapati Core. Atau bisa juga masuk melalui Surapati Core (Sucore).

Ikuti terus jalan yang ada, akan melewati beberapa kawasan seperti cimenyan dll. Sampai akhirnya kita akan tiba di kawasan Caringin Tilu (Cartil). Disini pemandangannya udah keren banget, landscape kota Bandung tampak jelas dari kejauhan. Ada banyak warung-warung buat kita selonjoran sambil menikmati pemandangan atas kota Bandung. Menunya standar aja, seperti pisang keju, mie rebus, bakwan, bandrek, dll.

Masih berani lanjut?..
Lanjutin aja perjalan menuju ke atas. Hati-hati jalannya semakin menanjak tajam dan kecil, pastikan kondisi mesin kendaraan cukup mampu untuk perjalanan menanjak ke atas. Tujuan yang kita tuju adalah Puncak Bintang atau juga disebut Bukit Moko.

Jalan menuju Puncak Bintang memang tidak terlalu besar, beberapa ruas malah hanya cukup untuk satu mobil saja, jadi kalau berpapasan dengan mobil mesti ekstra hati-hati. Sempat mau nyerah karena takut jalan semakin kecil, tapi ternyata jaraknya sudah dekat. Tidak terlalu jauh dari Caringin Tilu, mungkin sekitar 2 KM.

Memasuki kawasan Bukit Moko, kita ditarik biaya parkir 10 ribu per mobil, dan untuk masuk ke kawasan hutan kita mesti bayar lagi 12 ribu per orang. Di kawasan hutan bukit Moko, kita bisa kemping sehingga bisa menikmati pemandangan alam yang menakjubkan baik saat sunset maupun sunrise.

Jalan setapak menuju puncak bintang

pemandangan di Bukit Moko / Puncak Bintang


Puncak Bintang

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.