Selasa, September 11, 2012

Ciater Highland Resort

Kali ini, mencoba mencari tempat refreshing di utara Bandung, tepatnya kawasan Ciater Subang. Daerah Ciater bagi warga Bandung dan Jakarta mungkin sudah sangat dikenal, tempat wisata alam yang berada di kaki gunung tangkuban perahu di daerah Ciater ini sudah kesohor dengan tempat pemandian air panasnya. Kali ini, kami tidak ke pemandian air panas Ciater, tapi sedikit ke bawah 2,5 km dari kawasan pemandian air panas Ciater, yaitu Ciater Highland Resort.

Kali  ini kami menyewa sebuah Villa yang sangat besar, dengan jumlah kamar ada sekitar 5 kamar, dan di tiap kamar terdapat 3 - 8 tempat tidur no 2. Villa yang kami tempati di kawasan Ciater Highland Resort tersebut namanya Villa Pegasus.

Fasilitas yang ada di dalam Villa
- Air panas listrik
- Lemari Es
- Dapur, lengkap dengan perlengkapan masak (kompor, wajan, dll) dan perlengkapan makan
- Kursi tamu
- TV 29" dengan sambungan satelit
- DVD Player dan Sound System yang cukup menggelegar


Fasilitas pendukung lainnya:
- Parkir di halaman depan yang cukup luas, bisa menampung hingga lebih dari 15 mobil
- Pemandangan yang indah
- Sarana bermain anak-anak
- Lapangan arena bermain ATV dan berkuda sekaligus bisa digunakan untuk driving range
- Kolam Renang
Villa Pegasus yang sangat luas
Villa Pegasus (Kanan) tampak dari atas bukit, disampingnya ada lapangan yang luas untuk bermain ATV dan berkuda

Tempat Parkir dengan pemandangan yang berbunga


Dilengkapi sarana bermain anak

Tersedia wisata berkuda disamping Villa
Kolam Renang menjadi arena bermain yang wajib ada bagi yang membawa rombongan anak-anak
Menikmati pemandangan di atas bukit yang tidak jauh dari villa

Menikmati hawa sejuk di atas bukit
Untuk menikmati Villa tersebut, siapkan biaya sewa sekitar 3 juta-an, Villa yang bisa digunakan hingga lebih dari 20 orang itu tidak akan terasa mahal jika dipakai bersama dengan keluarga besar.


Follow my twitter @rudhialfian

Selasa, Juni 26, 2012

KAMPUNG GAJAH, Bandung ! Adventure Land

Selain destinasi wisata ecotourism di kawasan Bandung Selatan (Baca: Wisata Bandung Selatan CiwaliniWisata Bandung Selatan: Cimanggu dan Wisata Bandung Selatan: Rancaupas, serta perbandingan cottage di post saya yang berjudul Resort Ciwalini Vs Cimangu Ciwidey),
Kawasan Bandung Barat sudah lama terkenal sebagai destinasi resort pilihan. Salah satunya adalah Kampung Gajah!
Pertama dengar nama Kampung Gajah mungkin yang terbayang adalah perkampungan tempat gajah ngumpul. Tentu saja hal yang agak aneh, karena habitat Gajah tidak ada di kawasan dataran tinggi lembang. Tapi Kampung Gajah merupakan sarana bermain anak-anak dengan konsep yang beda dengan yang sudah ada khususnya di Bandung.

Kawasan taman bermain yang terletak di kawasan Bandung Utara ini memang agak unik, permainan yang ditampilkan agak berbeda dengan dunia fantasi atau mungkin trans studio. Lebih mirip ke permainan Outbond.

Harga tiket masuknya cukup murah
Weekday : 10.000
Weekend & Hari Libur : 20.000
Belum termasuk biaya parkir mobil 10.000 / mobil

Untuk menikmati menikmati wahana permainan yang ada, kami harus mengeluarkan biaya tiket terusan per orang (termasuk anak-anak diatas 2 tahun) Rp. 200.000 (weekend) atau Rp. 150.000 (weekday).
Tiket terusan ini bisa dipakai ke hampir sarana permainan yang ada kecuali beberapa permainan tertentu seperti : Sky View (balon udara), Seg Way, dan 4D Rider.

Sebagai tanda memiliki tiket terusan, masing-masing akan diberi gelang yang ditempeli hologram. Sempat ragu dengan gelangnya karena bahannya dari kertas dan ditempel begitu saja, persis seperti gelang yang dipakai anak-anak untuk menikmati arena permainan yg biasa tersedia di mall-mall.

Tetapi petugasnya meyakinkan kami, bahwa gelangnya waterproof dan cukup tahan bahkan jika dipakai untuk menikmati wahana air (waterboom). Walaupun agak ragu kami pun mencobanya.

Permainan pertama yang kami nikmati adalah wahana air, water boom. Lokasi water boom terpisah dari permainan lain, beruntung pengelola menyediakan sarana transportasi khusus untuk mencapai kesana.

Di water boom kampung gajah terdapat beberapa sarana permainan seperti:

  1. Kiddy PoolTaman bermain air, disini tersedia berbagai prosotan dan pancuran untuk bermain anak balita
  2. Wave Pool, Kolam Ombak Buatan, ombaknya cukup besar juga, bagi anak-anak mesti waspada jangan sampai anaknya terjatuh dan tenggelam.
  3. Octopus RacerYang ini mungkin menarik, permainan prosotan/seluncur untuk dewasa. Setiap orang dibekali dengan papan seluncur yang digunakan untuk seluncur dari ketinggian hingga 15 meter. Cukup mengasikan.

Octopus Racer, tampak dari bawah Tornado. .



Suasana Kiddy Pool, baru buka jadi masih sepi


Pancurannya belum dinyalakan, Di belakang tampak gedung yang belum jadi, disana tempat ganti pakaian.

Setelah puas bermain air, kami melanjutkan ke permainan yang lain. Berikut beberapa pengalaman kami mencoba berbagai permainan yang ada di Kampung Gajah

1. Aquaboat, Permainan perahu, cocok untuk anak hingga kelas 4 SD, mengingat ada batasan berat badan maksimal dan usia minimal yang boleh menaiki perahu ini.



Aqua Boat, terbatas untuk anak dengan berat badan maksimal 40 kg.
2. Bumperboat, permainan mirip dengan bombomkar, bedanya bumper boat berada di atas air !, bisa dinikmati oleh seluruh keluarga. 1 perahu bisa dinaiki oleh 2 orang dewasa.

Bumper Boat, mirip permainan bom bom kart tapi bedanya disini di air. Permainan terbatas 5 menit


3. Trampoline, bagi anak-anak yang punya nyali cukup besar, bisa menaiki permainan ini.




4. Playground, sarana bermain yang mirip dengan taman-taman bermain anak-anak biasa, seperti ada jungkat jungkit, prosotan, dll. Bedanya disini tersedia sepeda kecil untuk digunakan oleh anak balita hingga anak SD. Jika anda punya stamina berlebih, bisa mencoba untuk menggunakan Becak Mini untuk mengangkut anak anda berkeliling. Children Playground dapat dinikmati tanpa harus membeli tiket terusan, cukup membayar tiket sebesar Rp. 20.000,- anak sudah bisa menikmati sarana permainan yang ada.





5. Buggy Offroad, trek yang dilalui oleh Buggy ini cukup menantang nyali karena beberapa diantaranya harus melalui jalanan yang sangat terjal.





6. Mini ATV, kendaraan ATV ini cocok untuk digunakan oleh anak-anak anda, mulai dari kelas 1 SD hingga remaja.


7. Mini Buggy


Miny Buggy, versi mobil lengkap, per anak dibatasi 5 menit dan hanya 1x tiap anak.
Tapi jika kondisi sedang sepi petugas memperbolehkan anak-anak untuk naik lebih dari dua kali.


Mini Buggy model adventure

8. ATV Adventure
    Kendaraan ATV ini melalui trek yang sama dengan Buggy, tetapi tingkat kesulitannya cukup tinggi bagi orang yang belum terbiasa. Pastikan untuk mendengar petunjuk dari petugas sebelum nekad memacu kendaraan ini dengan kecepatan tinggi.


9. Delman Royal
Setelah capek ngantri atau mengendarai kendaraan lain, naik delman yang mirip dengan kendaraan kerajaan di eropa ini cukup menyenangkan apalagi ditemani dengan suasana sejuk.

10. Skyrider
Mirip dengan flying Fox, bedanya disini kita akan merasakan sensasi seperti sedang terbang. Sayang ada aturan batas berat badan minimal 20 kg, dan maksimal 60 kg. Tapi tidak apa-apa, safety first.




11. FuturistiTrain
Permainan yang paling santai di semua permainan yang ada, dengan kecepatan mungkin sekitar 200 m/5 menit, menaiki kendaraan Futuristic Train ditemani angin sepoi-sepoi pegunungan bisa jadi sarana ideal untuk mengundang kantuk. Hal ini terbukti dari beberapa anak balita yang menaiki permainan ini, tertidur dengan pulasnya. 





12. Tubby
Permainan ini mungkin paling unik diantara permainan yang lain, jika kita pernah melihat film Upin-Ipin yang meluncur menggunakan pelepah daun/pohon dan meluncur di lereng bukit, nah seperti itulah konsep permainan ini. 

Berseluncur bisa berdua bahkan bertiga

Berani seluncur??
Di dalam Kampung Gajah tersedia berbagai fasilitas mulai dari ATM center, restoran yang asri, toilet, mushola serta beberapa kendaraan operasional untuk kebutuhan permainan seperti permainan sky rider dan water boom.

TIPS MENGUNJUNGI KAMPUNG GAJAH
  1. Jangan ragu untuk mencoba Water Boom terlebih dahulu, karena gelang tidak akan rusak terkena air. Walaupun demikian, biar lebih bebas mungkin water boom bisa dinikmati sore hari setelah semua permainan dicoba. Mudah-mudahan saja tidak terlalu lelah untuk berenang. :D
  2. Bagi para orang tua atau anak-anak yang tidak berminat untuk mencoba seluruh permainan, tidak usah membeli tiket terusan. Cukup membeli tiket masuk biasa saja. Untuk sekedar melihat-lihat saja tidak perlu bayar kok. Gelang hanya ditunjukan ketika akan menggunakan sarana permainan, lumayan bisa menghemat biaya. Tapi jika ingin berenang di fasilitas waterboom maka tetap harus membeli tiket terusan.
  3. Bagi anak-anak kecil (balita), tidak perlu membeli tiket terusan, bisa membeli tiket di sarana Children Playground saja, dengan harga Rp. 20.000. 
  4. Gunakan krim UV protection, karena lokasi permainan outdoor, sinar matahari bisa cukup menyengat, walaupun demikian udara relatif sejuk tidak sepanas di Dufan, Ancol.
KESIMPULAN : Bermain di Kampung Gajah cukup menyenangkan, khususnya bagi orang tua yang memiliki anak usia diatas 5 tahun dan dewasa.

Follow my twitter @rudhialfian

Rabu, Mei 02, 2012

Pilihan Resort Bandung Selatan: Cottage Walini Vs Cottage Cimanggu

Setelah berkali-kali menginap di cottage Walini (baca: Wisata Bandung Selatan: Ciwalini), akhirnya kami mencoba fasilitas menginap lain di kawasan ciwidey yaitu Cimanggu. Berhubung sudah terbiasa di cottage walini, ketika menginap di Cottage Cimanggu kami pun jadi membanding-bandingkan. Kebetulan kedua cottage memiliki karakteristik yang mirip, yaitu villa 2 kamar tidur, dengan harga paling terjangkau yang ada di tempatnya dan berada di wilayah yang berdekatan. Inilah hasil perbandingannya

Fasilitas: 
  • Kamar Tidur: 
    • Cottage Cemara, unggul dengan 2 ranjang queen size bed, 
    • Cottage ciwalini menyediakan 2 kamar tidur juga, 1 kamar diisi 1 queen size bed, 1 kamar diisi 2 twin bed.
  • R Keluarga : 
    • Cottage Walini jauh lebih luas, mungkin 2 kali lipat dari r keluarga di cottage cemara
  • Kamar Mandi : 
    • Cottage Cemara lebih unggul, karena menyediakan 2 ruangan, air yang disediakan di cottage cemara lebih panas (hingga 65 derajat) cocok untuk terapi.
  • Dapur : 
    • dua-duanya menyediakan kompor gas dan perlengkapan makan walaupun perlengkapan makannya sama-sama tidak terawat, sehingga disarankan untuk membawa perlengkapan sendiri.
  • Fasilitas Lain : 
    • Cottage Walini lebih unggul karena menyediakan televisi satelit, dan dispenser galon air yang sangat bermanfaat untuk menyeduh air kopi dikala dingin menyergap, sementara Cottage Cemara di Cimanggu tidak menyediakan fasilitas tambahan lain.
Kolam Renang
  • Kolam renang Walini jauh lebih baik dibandingkan di Cimanggu, karena kolam renang Walini menyediakan kolam waterboom, waterpark, kolam anak-anak, kolam dewasa. Sementara kolam renang Cimanggu, relatif tidak terawat. 
  • Tetapi air di Cimanggu suhunya lebih tinggi dan lebih alami, sementara di Walini airnya cepet kotor jika pengunjungnya banyak, tidak disarankan untuk dikunjungi sore hari.
View
  • Cottage Cemara : Hutan Damar yang rimbun
  • Cottage Ciwalini : Kebun Teh yang asri
Harga
  • Cottage Cemara : 675 ribu /weekend
  • Cottage Walini: Rp.385.000,-/weekdays, Rp.450.000,-/weekend, Rp.600.000,-/hari raya.
Kesimpulan:
Sama-sama memiliki dua kamar, Cottage Walini dan Cimanggu menjadi pilihan bagi keluarga besar, yang membutuhkan tempat berlibur sambil berkumpul dengan keluarga. Kedua cottage memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tetapi jika memilih, maka pilihan jatuh pada Cottage Walini, selain harganya relatif lebih murah, fasilitas yang diberikan pun lebih banyak.
Tetapi jika anda lebih senang dengan suasana rimbun hutan damar, Cottage Cemara bisa menjadi pilihan.

Cottage Cemara, Taman Wisata Cimanggu, Ciwidey

Cottage Walini, Rancabali

Villa Meranti, kalo yang ini tarifnya 1,3 juta/weekend
Untuk informasi lebih detail, bisa kontak langsung sumbernya di:
Cottage Cemara, Cimanggu:
Alamat website: West Java Eco Tourism, atau KawahPutih.Org ( No telp: 022-7278341)
Cottage Walini, Rancabali :
Alamat website: PTPN8 , Telp. 085320371165 atau Telp./Fax. +62 22 2534517

Wisata Bandung Selatan, Ranca Upas

Fasilitas yang tersedia di Ranca Upas
Sudah cukup lama tidak berkunjung ke kawasan penangkaran rusa di kawasan Ciwidey yaitu Ranca Upas. Kawasan ini dikenal sebagai area perkemahan dengan suhu dingin yang menusuk tulang. Kami sendiri pernah berkemah disini dan merasakan dinginnya suhu ranca upas yang membuat kami tidak bisa tidur.
Tanggal 30 April 2012, kami berkunjung kembali ke Ranca Upas, ternyata ada sedikit perubahan, dimana tempat yang dulu merupakan kolam ikan, kini dibangun fasilitas kolam renang. Walaupun relatif kecil, tetapi kolam renangnya cukup bersih dan asri.
Kolamnya terdapat 2, yaitu kolam dangkal yang bisa digunakan sebagai tempat bermain air buat anak-anak kecil, dan satu lagi kolam dengan kedalaman yang bervariasi, mulai dari dangkal hingga dalam. Disini terdapat prosotan besar (water boom) dan wahana ember tumpah yang biasanya tersedia di kolam-kolam sekarang.
Selain kolam renang, terdapat juga taman bermain sederhana untuk anak-anak, dan disamping kolam renang juga tersedia sarana outbond. Tapi sayang saat kami kesana, sarana yang bisa digunakan hanya flying fox. Yang membuat kami penasaran adalah adanya villa di sana, hmm.. patut untuk dicoba.

Ruang Ganti Kolam Renang dengan desain Country yang cantik
Kolam renang air hangat ditengah-tengah udara dingin pegunungan
Arena Bermain anak yang berada di areal kolam renang


Tersedia Outbond, walaupun yang aktif hanya flying Fox

Fasilitas Flying Fox yang menggoda adrenalin baik anak-anak maupun dewasa



Wisata Bandung Selatan, Cimanggu

Jalan di lingkungan cottage
Hari sabtu-minggu kemarin (28-29 April 2012) kembali diisi dengan liburan menyepi ke kawasan bandung selatan. Biasanya menginap di cottage ciwalini, tapi berhubung penuh maka kami mencoba alternatif tempat menginap lain yaitu Taman Wisata Cimanggu.

Letak Cimanggu berada di kawasan koordinasi Perhutani Ciwidey, jika dari bandung letaknya setelah kawah putih-rancaupas, dan sebelum ciwalini. Kami pun menghubungi bagian marketingnya untuk memesan kamar. Ternyata di Cimanggu terdapat beberapa pilihan kamar, yaitu:


No
LOKASI
JENIS AKOMODASI
Weekdays (Rp)
Weekends (Rp)





Cimanggu
Pinus
450.000
535.000
Cemara
600.000
675.000
Eucalypthus
750.000
825.000
Jati 1
600.000
675.000
Jati 2
600.000
675.000
Jati 3
650.000
725.000
Villa Meranti
1.200.000
1.350.000


Berhubung rombongan keluarga besar, maka diambil cottage cemara, yg terdiri dari 2 kamar tidur, 1 kamar bath tube, 1 toilet, dapur, dan ruang keluarga. Kami juga ditawari villa eucalyptus, walaupun hanya memiliki 1 kamar tidur, tetapi memiliki ruang keluarga yang relatif lebih luas, kamar rendam seluas 2x2 m. Tapi kami akhirnya tetap memilih Cottage Cemara.

Bagi keluarga yang lebih besar lagi, mungkin kami menganjurkan Villa Meranti, yang lebih luas, dengan 2 kamar tidur, 2 ruang keluarga, kamar mandi, dan didepannya kolam rendam pribadi. Cukup rekomended buat berakhir pekan bersama keluarga besar.

Kembali ke cottage kami, cottagenya cukup asri, seperti berada ditengah-tengah hutan. Sayang kamar mandinya kurang terawat sehingga tidak terlalu betah untuk berendam berlama-lama. Ruang keluarga tidak terlalu besar, mungkin sekitar 2,5 x 2 meter.

Fasilitas Cemara:
- 2 Kamar Tidur dengan queen size bed
- 1 Ruang Keluarga
- Teras
- 1 Kamar Mandi dengan Bath Tub
- 1 Kamar untuk Toilet/wc
- Dapur dengan kompor gas

Tidak jauh dari cottage tersedia kolam renang yang bisa diakses secara gratis buat pengunjung villa.
Overall, bagi anda yang membutuhkan ketenangan dan menghilangkan kepenatan cottage di Cimangu bisa jadi pertimbangan.


Villa yang dikelilingi oleh pohon damar

Tempat parkir

Warung sekitar kolam rendam Cimangu

suasana pagi disekitar cottage

sekeliling cottage rimbun oleh pohon damar

Jumat, April 27, 2012

Mengenal Demam pada anak


Demam merupakan gejala penyakit yang paling sering terjadi pada anak. Hampir semua anak pernah mengalami demam, untuk itu setiap orang tua harus memahami tentang demam. Leaflet ini berisi informasi umum mengenai demam dan penanganannya.

DEFINISI DEMAM

Demam didefinisikan sebagai suhu tubuh di atas suhu normal yang didefinisikan sebagai berikut:

Suhu Demam

  • Suhu Rektal (Pengukuran melalui anus) >38 °C
  • Suhu Oral (Pengukuran melalui mulut) > 37.8 °C
  • Suhu Ketiak >37.2 °C

Suhu normal rata-rata adalah 37°C. Demam tinggi didefinisikan sebagai suhu tubuh yang lebih dari 40°C. Peningkatan suhu tubuh ringan dapat terjadi akibat olahraga, pakaian yang tebal, cuaca panas, atau akibat makanan-minuman hangat. Jika saat pengukuran suhu dipengaruhi oleh faktor di atas, pengukuran suhu harus diulang 30 menit kemudian.


PENYEBAB DEMAM

Demam merupakan respons tubuh akibat adanya infeksi. Umumnya demam diakibatkan oleh penyakit akibat virus dan bakteri. Mula kerja demam menunjukkan awal terjadinya infeksi dan turunnya demam sering merupakan tanda dari berakhirnya penyakit. Demam akibat virus biasanya berkisar pada suhu 38.3°C hingga 40°C dan berakhir setelah 2-3 hari.


PENANGANAN DEMAM PADA ANAK

1. PERAWATAN

Anak dapat dibuat lebih nyaman dengan:

§ Berikan cairan tambahan misalnya dengan memperbanyak minum. Pada saat demam cairan tubuh dapat hilang akibat berkeringat. Perhatikan juga pengeluaran cairan melalui urin untuk menghindari dehidrasi.

§ Gunakan pakaian yang tipis. Sebagian besar panas tubuh dikeluarkan melalui kulit sehingga penggunaan baju dan selimut yang tebal dapat mengurangi pengeluaran panas. Bila anak merasa dingin/menggigil, gunakan selimut yang tipis.

§ Pengurangan aktivitas. Aktivitas yang tinggi dapat meningkatkan produksi panas tubuh sehingga pada saat demam, aktivitas yang berlebihan sebaiknya dikurangi.


2. OBAT PENURUN PANAS

Obat penurun panas diberikan jika anak demam dengan suhu di atas 38°C atau pada saat anak merasa tidak nyaman atau tampak gelisah (misalnya bernafas dengan cepat, merasa sangat panas). Saat ini terdapat dua jenis Obat penurun panas yang banyak digunakan yaitu Ibuprofen dan Parasetamol. (Dosis dan aturan penggunaan obat lihat tabel Dosis dan Aturan Penggunaan Obat Penurun Panas)


3. KOMPRES

Hindari pemberian kompress sesaat sebelum atau sesudah pemberian obat penurun panas karena dapat menyebabkan anak mengigil. Penggunaan kompres pada anak demam dapat dilakukan bila suhu tubuh di atas 39.5 – 40°C, serta diberikan paling cepat 1,5 jam setelah pemberian obat penurun panas.



DOSIS DAN ATURAN PENGGUNAAN OBAT PENURUN PANAS

Obat penurun panas di pasaran saat ini tersedia dalam berbagai jenis sediaan dan merk. Umumnya obat penurun panas untuk anak-anak saat ini terdiri dari beberapa jenis. Dua jenis obat penurun panas yang umum dipakai antara lain parasetamol dan ibuprofen. Kedua jenis obat tersebut dikenal efektif menurunkan demam dan mengatasi nyeri pada anak-anak. Berikut ini contoh cara menggunakan obat penurun panas.

Parasetamol

Diberikan 3-4 kali sehari.

Dosis per 1 kali pemberian: 10 – 15 mg/kg Berat Badan.

Contoh pemberian:

  • Untuk parasetamol drops, dengan komposisi parasetamol 100 mg/mL. Jadi jika anak anda beratnya 8 kg, maka membutuhkan 80 mg parasetamol, dapat diberikan parasetamol drops sebanyak 0,8 cc.
  • Untuk parasetamol syrup, komposisinya 120 mg/sendok takar 5 mL. Jadi misalnya berat anak 12 kg, maka membutuhkan 120 mg parasetamol, dapat diberikan 1 sendok takar 5 mL.
  • Untuk parasetamol Syrup forte, komposisinya 250 mg/sendok takar 5 mL. Jika berat anak 25 kg, dapat diberikan 1 sendok takar 5 ml yang mengandung 250 mg parasetamol.


Ibuprofen

Dosis per 1 kali pemberian: 5 mg/kg Berat Badan.

Konsultasikan dengan dokter untuk pemberian dosis yang lebih tepat untuk kondisi anak.


KAPAN ANAK DEMAM DIBAWA KE DOKTER?

Hubungi dokter SEGERA, jika:

  • Berusia kurang dari 2 bulan
  • Demam tinggi
  • Sulit untuk dibangunkan
  • Terlihat bingung dan mengigau
  • Kejang atau pernah kejang
  • Mengalami leher kaku
  • Terdapat bintik-bintik keunguan pada kulit
  • Sulit bernafas
  • Terlihat sangat kesakitan
  • Memperlihatkan adanya infeksi yang berat

Hubungi dokter Anda seperlunya, apabila:

  • Berusia 2-4 bulan (kecuali akibat suntikan DPT)
  • Demam berkisar 39-40.5°C, terutama jika anak berusia < 2 tahun
  • Merasa sakit saat berkemih
  • Mengalami demam lebih dari 72 jam
  • Demam berlangsung lebih dari 24 jam tanpa sebab yang jelas
  • Demam sempat turun lebih dari 24 jam, tetapi kemudian muncul kembali
  • Mempunyai riwayat kejang demam
  • Anda ingin berkonsultasi dengan dokter

Referensi :

Schmitt BD. Fever in Childhood, Pediatrics 1984;74;929-936


Senin, Februari 20, 2012

Teror Di Jalanan

Saat melewati kawasan padalarang, mungkin kita sering menemui truk dengan muatan seperti ini. Tapi jika tanpa adanya pengamanan yang tepat, sebaiknya kendaraan seperti ini tidak diperbolehkan ada di jalan raya dan membahayakan pengendara lainnya.
Mudah-mudahan aparat setempat bisa lebih perhatian, sebelum akhirnya menelan korban. Amit-amit.


Berada di belakang truk tanpa pintu dengan muatan batu seperti ini, benar-benar horor

Kebayang kalo tiba-tiba batu sebesar ini menggelinding??

Selasa, Februari 07, 2012

Wisata Pangandaran

Mercusuar di Pantai Timur Pangandaran


Pangandaran memiliki berbagai pesona yang ditawarkan untuk para turis baik domestik maupun mancanegara. Memiliki dua pantai sekaligus, pantai timur dan barat, memungkinkan kita menikmati sunrise dan sunset sekaligus.
Dengan lokasi sekitar >200 km dari bandung, perjalanan ke pangandaran memang cukup jauh, tetapi cukup sepadan dengan pengalaman yang diberikan.

Pantai Timur, tempat nelayan mencari ikan
Menikmati deburan ombak dan sunset
Ayo kita berenang !!

Senin, Januari 30, 2012

Wisata Bandung Selatan, Ciwalini

Suasana sejuk dan segar pegunungan selalu bikin pikiran kita lebih fresh, didukung sama alam pegunungan yang asri dan dikelilingi kebun teh bakal bikin betah kita untuk santai beristirahat di Villa di daerah Ciwalini, Ranca Bali.

Nemu villa itu mulanya ga sengaja, pas pengen bawa ponakan berenang di air panas di kawasan Ciwidey. Tapi seingat saya, selain cimanggu yang ada di ciwidey, ada tempat pemandian lain yaitu Ciwalini.

Kolam Air Panas Ciwalini

Sayang pas kesana hari udah sore, dan kolam penuh banget. Mungkin karena menjelang tahun baru 2012 dan liburan weekend. Pas pertama masuk kolam, ada aroma yang sangat mengganggu yaitu bau -maaf- pesing. Awalnya saya pikir itu bau alami.. ternyata kalo kita datangnya pagi-pagi, kolamnya baru diganti airnya, aroma itu tidak ada... errrrr... berarti itu beneran pesing dong... Catatan bagi pengelolanya tuh, untuk menghimbau pengunjung tidak pipis saat didalam kolam, atau mungkin menggunakan filter yang terus menerus menyaring air. Yang agak melegakan, sepertinya air kolam di kuras tiap hari, jadi kalo berenang pagi hari, air nya masih segar.








Diberdayakan oleh Blogger.